Tuesday, April 29, 2008

Posted by adriani zulivan Posted on 11:42:00 AM | No comments

Mira ato AbDal?

Mira, sepupuku, punya hobi yang sama denganku. tahun 2006 kita s4 pgn ikutan eagle award. itu lho, ajang kompetisi film dokumenter yg diadain sebuah TV swasta nasional. tapi gak kesampaian karena kita telat, soalnya waktu itu aku sedang tour da sumatera.

tahun 2007 gak kepikiran sama sekali, soalnya sibuk dg kuliah. karena pertengahan 2006 aku mulai kuliah lagi.

tahun ini pgn lagi. kebetulan temanya hampir sama dengan ide kami dua tahun lalu.

aku pgn angkat tentang berkurangnya lahan hijau di Tanah Batak akibat meningkatnya jumlah permintaan untuk tanah perkuburan --mau tahu bagaimana? tunggu waktunya, ya!

nah, kemaren setelah melihat2 sayaratnya dan menuliskan ideku, eeh aku malah teringat ama cerita AbDal tentang masyarakat Nias yang tanpa sadar merusak ekosistem alam akibat mahalnya bea sosial/bea adat untuk pembuatan rumah.

naah, ini juga menarik bgt! malahan aku gak bisa mikir betapa indah dan menjualnya (Nias, gitu lho) ketika sudah jadi film. Tapi permasalahnnya adalah, aku tidak punya kedekatan emosional dg tempat itu (tidak seperti Balige, Tanah Batak yang menjadi ideku sebelumnya), padahal ini adalah salah satu syarat menjadi peserta.

Nah, kebetulan AbDal menangani persoalan tersebut. Dia pernah cerita panjang lebar setelah pertemuan LSM dan para "kepala suku" setempat yang diselenggarakan kantornya beberapa bulan lalu. Dia sempet minta pendapatku tentang bagaimana melestarikan rumah tinggal tradisional di tengah-tengah benturan antara kesulitan ekonomi, tuntutan adat, dan kemudahan akses sumber daya alam (yang dimanfaatkan sampai SDA tsb terancam membuat ketidak seimbangan ekosistem).

Menarik, kan? --yah, lagi2 ceritanya aku simpan terlebih dahulu, ok!

Nah, dengan didokumentasikan lewat film, kupikir hal itu akan menjadi sangat menarik. permasalahannya adalah selain faktor kedekatanku dengan cerita (yang tidak punya hub apapun dgku), adalah waktu luang yang dipunya AbDal untuk mengikuti serangkaian kegiatan tsb.

Tapi tadi sudah coba kuutarakan. Entah bgmn nantinya, karena dia minta aku kirimkan email. Tapi kalau ada waktu mudah2an aku bisa main ke sana, observasi. paling tidak biar aku menyaksikan langsung cerita2 itu.

Kapan? Skripsi, euy!

Okelah, masih lama ini. ntar kalo AbDal gbs ya yg brg Mira ajah.

Ato, boleh gak ya, jadi peserta untuk dua cerita? maruk bgt deh!

AbDal, U R rocks! ;p
about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata