Sunday, September 18, 2011

Posted by adriani zulivan Posted on 10:21:00 AM | No comments

Boog Kotta Leiding


Berikut obrolan para anggota KOTA TOEA MAGELANG, pasca ku-post foto ini di grup tsb:

MBilung Sarawita 
Betul ... di atas plengkung itu memang irigasi bikinan Belanda ... nama resmi bangunan itu adalah saluran/tanggul "Kali Kota" ... nama jaman Belandanya apa Bung Bagus Priyana ? ;)

Bagus Priyana
Kalo saluran airnya di sebut Boog kotta leiding, . .sejak pertama dibangun sampe sekarang tetap di sebut dg plengkung, dmn di kota Magelang ada 3 plengkung dlm satu sistem saluran air yg sama, (diduga) satu2nya di Indonesia. . .dibangun pd akhir tahun 1800 sbg suatu sistem utk menggelontor limbah rumah tangga, irigasi pertanian, menyirami taman kota dan pencegah kebakaran. . .Sumber airnya mengambil dr kali manggis di kampung Pucangsari kel. Kedungsari Kota Magelang. . Saluran ini sepanjang kurang lebih 5 km yg melintas di tengah2 kota. . .Sedang kali manggis sendiri mengambil airnya dr kali progo di daerah Bengkal, kec. Kranggan Temanggung. . .ali Manggis itu semacam Selokan Mataram di Jogja. .

Bagus Priyana 
Coba klik www.kotatoeamagelang.wordpress.com. .dulu pernah kami liput. .

Adriani Zulivan 
sip! makasih mas2. apakah ini satu alur dg yg di jalan utama menuju Jogja, hampir di ujung kota? *saya gk tau nama tempat/jalannya. hanya saja. saluran ini (meski dg warna cat berbeda) sepertinya menyambung sampai sana. tq

Bagus Priyana
Plengkung itu diatasnya adalah saluran air yg melintas/melayang diatas jalan. . Ada yg menyebutnya dg Aquaduct ato flyriver. . .Kalo foto di atas namanya Plengkung Tengkon krn ada di kampung Tengkon, . .trus 2 km ke arah utara namanya Plengkung Lama (foto ada pd www.kotatoeamagelang.wordpress.com) dan Plengkung Baru (dibangun th 1920 terletak 400 meter utara dr Plengkung Lama). . .kalo saluran air yg ada di sisi jalan menuju luar kota (sesudah Pecinan dibawah Bukit Tidar) itu namanya Kali Manggis. . .

Bagus Priyana
Kalo Plengkung Tengkon dan Plengkung Lama sdh 'dipermak' ditempeli dg batu2 alam, .jd sdh tdk keliatan aslinya. . .hal ini pernah kami protes ke Pemerintah Kota. . .tp rupanya tdk ada respon. . .biasalah kami jg tdk kaget. .

Nana Lystiani
waaa.....ini dekat rumahku dulu di jl tengkon/daha. aku sebel ama peremajaannya yang membuat kehilangna bentuk aslinya. mungkin itu bentuk servis dari pengembang yang membongkar gudang mbako di samping plenkung ini. gudang mbako itu tempatku berpetualang saat kecil, selain juga kali kecil di plengkung ini. sebelum dibongkar aku sempat foto-foto gudang mbakonya, karena kebatulan keluarga kami ditawari untuk membeli satu kavling di situ.

Dinta Kusuma
mohon maaf., foto yang diambil itu, foto plengkung bagian mana ya? maksute kampung tengkon tu dmn? :)

Bagus Priyana
@ Dinta Kusuma> depan Monumen Tentara Pelajar Bayeman ke arah timur, kira2 150 meter. . .



Mlekom,
AZ
about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata