Sunday, February 12, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 9:13:00 PM | No comments

Baron Araruna


Teman sebangsa sebaya,
adakah yang ingat (si)apa itu Baron Araruna?

Baron adalah nama juragan pemilik sebuah kompleks peternakan dan perkebunan yang tinggal di Araruna, Brazil. Tadinya, sebelum membaca informasi ini, aku mengira Araruna itu adalah nama belakang dari Tuan Baron :)

Di arena pemukimannya yang satu kompleks dengan usahanya tersebut, Baron tinggal dengan istri, anak dan budak-budaknya. Anaknya bernama Little Missy. Istrinya Kandida. Sabastian adalah seorang bujang yang mencintai Missy. Edelaide aku lupa siapa; dan Bah, salah satu pembantu kulit hitam di rumah keluarga ini yang bertugas mengurusi keperluan Missy.

Cerita ini merupakan setting penokohan di telenovela berjudul "Little Missy" (trims Mbak @lovelymumble, sudah mengingatkan judulnya). Telenovela ini tayang di TVRI sekitar tahun 1987 (berarti hanya setahun setelah rilis di negara asalnya?), saat aku duduk di Taman Kanak-kanak.

Di suatu siang, begitu masuk rumah, kupanggil adikku:
"Deeeek, sini lah, mau kakak ajarin lagu baru lagi?

"Jangan! Nanti lagu yang enggak-enggak lagi," sahut mamaku.

Iya, di sekolah, oleh teman-temanku sering diajarin lagu-lagu aneh yang tidak sesuai dengan usia kami. Jadi, kutarik adikku ke sudut rumah, agar tidak terdengar oleh mama.

Kuminta adik mengangkat tangannya dan mengarahkan kedua telapaknya ke depan. Sambil menyanyi, kami saling menepukkan tangan satu sama lain, persis seperti yang diajarkan oleh teman-temanku di sekolah. Begini lagunya:

Baronku Araruna
Little Missy, Kandida
Sebastian, Edelaide
Bah
Semuanya satu rumah...
(nyanyikan seperti lagu "Balonku" yah!)


Nah, buat teman yang tidak sebaya, yang berusia jauh di bawahku, sila tengok video ini :)


about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata