Tuesday, June 5, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 4:45:00 PM |

Bamboo, The Hidden Treasure



Dapat info ini dari milis. Sepertinya sangat menarik untuk diikuti. Untuk info lanjut, sila cek laman Perkumpulan Lingkar yang menjadi penyelenggaranya.

Gambar: http://goo.gl/C4367

#
Menurut Sharma (1987) di dunia tercatat lebih dari 75 negara dan 1250 spesies bambu, sedang Uchimura (1980) menyatakan bahwa bambu yang ada di Asia Selatan dan Asia Tenggara kira-kira 80% dari keseluruhan bambu yang ada di dunia. Genus Bambusa mempunyai jumlah spesies paling banyak, terutama tersebar di daerah tropis, termasuk Indonesia.


Bambu sering dikaitkan dengan kemiskinan, hal itu semata-mata disebabkan oleh kenyataan di lapangan, rumah bambu kebanyakan berupa rumah kumuh milik orang miskin. Sekalipun bambu dijumpai di berbagai pelosok tanah air, namun budidaya bambu masih sangat langka. Biasanya tanaman bambu hanyalah merupakan warisan dari nenek moyang, tumbuh di halaman sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk perbaikan rumah

Sekolah Lingkar kali ini akan mengenalkan lebih jauh tentang bambu yang diasumsikan sebagai timber of the poor. Seberapa jauh kita sendiri mengenal bambu dan apresiasi kita pada bambu dan mengapa berbeda dengan apresiasi dan pemanfaatan di negara Cina dan Jepang. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal: Jumat, 8 Juni 2012
Waktu: 19.00 - 21.00 WIB
Tempat: Kantor Perkumpulan Lingkar, Jln. Banteng Perkasa 40, Ngaglik, Sleman, DIY.
Pemateri: Ariani Narwastujati, Koordinator Stube Hemat Yogyakarta


Sekolah Lingkar bersifat terbuka dan pesertanya tidak dipungut biaya apapun. Kami tunggu partisipasi anda. Terimakasih.

Koordinator Sekolah Lingkar
Rahmat Subiyakto
about it
Categories:
  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata