Friday, November 30, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 5:45:00 PM |

Natural Disaster and Cultural Heritage


Lisbon, Portugal, 2-5 July 2013
Panel 63

CfP EuroSEAS Conference: 
Natural Disaster and Cultural Heritage

Please send your abstracts to the convenors until 30 November 2012.
(for more details see: http://www.euroseas.org)


Convenors:
  • Gabriele Weichart / University of Vienna (Austria): gabriele.weichart@univie.ac.at
  • Ulrike Herbig / Vienna University of Technology (Austria): ulrike.herbig@tuwien.ac.at
  • Punto Wijayanto / Gadjah Mada University (Indonesia): punto.wijayanto@gmail.com
  • Wahyu Utami / Gadjah Mada University (Indonesia): wahyuutami@yahoo.com
Abstract:
Although the frequency of earthquakes, floods, volcanic eruptions and other natural catastrophes have remained fairly constant, an increase in deaths and in damage upon the landscape and the built environment, as well as other severe effects upon people’s lives and livelihoods, have been recorded over the past few decades. As a result of these devastating incidents, thousands of people every year have to repair or rebuild their houses, hamlets or towns. Often they have to leave their home, land and/or community and “start a new life” in a sometimes foreign environment. Natural disasters   therefore not only cause physical and economical damage, but also provoke changes in people’s social and cultural lives.


In this workshop, we aim to explore the relationships between natural disaster and cultural heritage. Archaeological sites, places, buildings and objects of historical and/or artistic value, or having local or other kinds of cultural significance, are destroyed or damaged in the course of disasters. Often they are lost, to the owner, the caretaker, the local or global “community”, for a certain time or forever.  While the material and economic effects of disasters are most obvious, they are not the only outcomes. Immaterial cultural traditions, like rituals, songs, dances, myths and other forms of expression, may change or be abandoned when a community breaks apart and/or loses its cultural experts, when places of significance can no longer be visited, or when ritual objects are no longer available.


Hence, we are interested in the effects of natural disasters on tangible and intangible cultural heritage. We are especially interested in comparing the perspectives and opinions of different stakeholders, including organisations responsible for the protection and maintenance of sites and objects, architects and craftspeople who work in reconstruction, cultural or religious specialists and custodians who see their duty in preserving and transmitting certain traditions, and the general public who are ultimately the beneficiaries of those traditions. 


We envisage addressing a wide range of issues and questions in this workshop. For example:

  • How do different stakeholders respond to the need to restore cultural heritage in the context of post-disaster rehabilitation and reconstruction?   
  • How are priorities defined? Who defines the cultural heritage that is worthy of preservation in the aftermath of disaster? How are objects given priority in the reconstruction phase, possibly at the neglect and expense of other important items?  What is to be the future of intangible cultural heritage? Do objects or traditions gain or lose the status of heritage after their damage or destruction in a disaster?
  • What are the benefits and difficulties of preserving and rehabilitating cultural heritage in comparison to more mundane objects or items?
  • In order to address these and other related questions, we invite anthropologists, sociologists, historians, art historians, architects, urban planners, economists, psychologists, and others to join us in a timely and innovative cross-disciplinary and cross-regional conversation.
Guidelines for Abstracts: 
  • Abstracts should be sent by the author(s) to the convenors of the panel. 
  • The deadline for sending abstracts to the convenors is 30 November 2012.
  • The text should not exceed 1.500 characters (including spaces). Title of the paper, name of the author(s) and affiliation must be included.

UPDATES!!
CALL FOR PAPERS - EXTENDED TO 31ST DECEMBER 2012
Please direct all applications and inquiries to the conveners of the panels. The abstracts should be send to the convenor(ers) no later than the 31ST DECEMBER 2012.

Wednesday, November 28, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 6:24:00 PM |

Ada yang Nungguin Shalat...


RT @risdaniaSyf: Ada yg nungguin shalat.. lockerz.com/s/264812931

Lihat gambar ini, teringat Scottie, kucing gembulku. Kalo ada orang bentang sajadah, dia duduk duluan di atasnya, nangkring. Ih padahal pantatnya kan najis ya, gak pernah cebok! Kalo diusir gak mau pulak. 

Trus kalo orang udah takbir dan telekung terangkat, barulah dia bergerak. Bukan takut karena angkat tangan seakan mau pukul dia, tapi karena dia akan menggigit-gigit ujung telekung yang berusaha ditarik-tarik dengan cakarnya.

Scott, aymisyuuuuuu :*

Eh baydewei, di mana ya cari telekung yang ada kucingnya kaya di poto atas?

Mlekom,
AZ

*telekung (bahasa orang Medan) = mukena = rukuh.

Tuesday, November 27, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 8:01:00 PM |

CFP ELO Paris 2013: Chercher le Texte

Pic from here.

Chercher le Texte: 
Locating the Text in Electronic Literature

Deadline for Abstracts: 
December 31, 2012.

Keywords: 

e-literature, electronic literature, e-lit, digital literature, literature, world literature, literary semantic web, literariness, new materialisms, new media, locative media, archiving, language, actor-network theory, cognitive capitalism

The Electronic Literature Organization, the leading organization devoted to electronic literature, announces its 2013 conference to be held in Paris, France, September 24-27, 2013. The conference is hosted by the Laboratoire Paragraphe and the EnsAD (Ecole nationale supérieure des Arts Décoratifs). Along with the conference organizers and hosts, other partners include: Université Paris 8, Laboratoire Transferts critiques et dynamiques des savoirs, Bibliothèque Nationale de France (BNF), and Le Cube. The official languages of the conference will be French and English.

Proposals are welcome on topics within electronic literature, including but not limited to:

  1. Digital culture
  2. Code and software studies
  3. Digital art
  4. Remediation
  5. Translation of electronic literature
  6. E-literature and the body
  7. Digital poetics
  8. Digital storytelling
  9. Mobile/locative media
  10. Preservation and digital cultural heritage
The conference title is “Chercher le Texte: Locating the Text in Electronic Literature.” Electronic literature is explicitly defined as literature. Yet there is great confusion about the concept of text at work in it. What defines the textuality of games, visual works, and works without any evident language? The ELO 2013 conference in Paris will confront such issues: to seek out the text and attempt to define the literariness of electronic literature.

Over the past two decades, while numerous creative and critical movements have taken hold within and without academia, creators have been newly conceiving, and scholars resituating, literary works in new media. Early warnings that we might all get “lost in hyperspace” were overcome fairly easily – perhaps too easily when one considers that our first, most challenging conceptions of electronic writing have never quite been realized. Is there a way to mark the multiplicity of new writing in new media? Can commonalities and distinctions among emerging literary practices be noted? Are there new possibilities for language-based forms in programmable media? Can scholarly discussions surrounding works be carried on over time and among various groups, in the media where the works are generated?

ELO 2013 seeks to open the discussion beyond the remediation of literary writing from print to screens, by looking at ways that literary works, and “literariness” generally, circulates through a world system that has itself altered dramatically in the years since the first works of e-lit were produced. New media, from this perspective, are just the most visible instance of emerging economic, social systems, remediations, and subjectivities that impact literary production (as they impact our lives) from every side. New media are now being described, and re-imagined, in terms of new materialisms; discourse networks find new and different alignments within and without institutions, and both human agency and authorial presence have taken on new and sometimes strange forms.

The Electronic Literature Organization and Université Paris 8 invite individual paper proposals, panel proposals, and proposals for alternative formats. 


Submit abstracts of 200-500 words to Easychair
Send questions to Joseph Tabbi or Philippe Bootz

A separate call for creative works will be issued shortly.

###
Save the date? :))
Really want to join this! Will bring the Indonesian Heritage Inventory (IHI) issues which connects to the last topic.

Try, try! Another 33 days to submit the abstract!

Mlekom,
AZ

*All the information has been copied from here.

Monday, November 26, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 8:20:00 AM |

Batik Merapi Balerante




Siang tadi saya mengunjungi pengrajin batik di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jateng. Selain Desa Kepuharjo di Sleman, Balerante adalah satu-satunya desa yang menerima dampak langsung dari erupsi Gunungapi Merapi 2010 lalu. Sebagian desa ini rata dengan tanah. Saat ini warga telah bangkit dengan berbagai upaya. Salah satunya lewat pelatihan membatik yang diberikan oleh relawan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), akhir 2010 lalu semasa mereka di pengungsian.

Kini mulai banyak warga membuat batik. Mereka berharap, industri batik akan berdampak positif terhadap perekonomian mereka, mengingat pertanian bukan pilihan baik di dataran tinggi yang sulit air itu.

Persoalan mereka ada pada pendanaan, publikasi dan pemasaran, serta pelatihan lebih lanjut mengenai teknik membatik.
  1. Dana. Pemerintah, termasuk BNPB, Cuma bilang begini: Kamu pindah ke bawah (zona aman), agar kami beri dana pemberdayaan. Balerante termasuk desa larang huni.
  2. Publikasi dan pemasaran. Wara telah membuat batik, tapi tak ada pembeli karena: a. Desa mereka jauh di lereng gunung yang akses jalur aspalnya rusak berat, b. Tak ada media pemasaran online. Mengakses sinyal internet sama sulitnya dengan menemukan warga yang dapat mengoperasikan komputer.
  3. Pelatihan. Contoh batik produk Balerante telah saya bawa ke Kampung Batik Giriloyo, Bantul (asuhan Bu Sita – Center for Heritage Conservation (CHC) Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UGM). Ada berbagai masukan terkait peningkatan mutu produk dan cara “mengundang” wisatawan untuk datang. 



Yang dapat kita lakukan:
  1. Mengakses dana-dana pemberdayaan masyarakat? Saya tidak ada ide bagaimana caranya, jika ini kemudian dianggap melawan UU tentang manajemen bencana (atau sejenisnya).
  2. Website. Perkenalkan ke asosiasi batik nasional agar diikutkan ke berbagai event. Dst, dst.
  3. Saya berencana mengajak pengrajin Balerante untuk workshop di Giriloyo. Balerante siap dan Giriloyo telah menyatakan kesanggupannya. Tak ada dana untuk ini, sebab semua bersedia dibayar Rp 0,-. Hanya saja, mengangkut puluhan orang dari lereng Merapi ke ujung Bantul juga tak mudah, mengingat keterbatasan kendaraan mereka. Naik sepeda motor masing-masing, bisa saja memungkinkan namun tetap perlu ada dana untuk bensin. Sebab tidak membayar bea tempat pelatihan dan trainer, saya pikir ada baiknya agar kita tidak membebani Giriloyo. Kita musti sediakan konsumsi (makanan utama dan snack) serta bahan ajar (kain, lilin malam & pewarna) untuk digunakan selama proses pelatihan. Mungkin pelatihan ini perlu menginap agar menghemat waktu. Warga Giriloyo siap memberi tumpangan rumahnya.
Lihat info lainnya di sini.


Mlekom,
AZ 



Sila hubungi CP ini.

Saturday, November 24, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 11:57:00 PM |

Cireng Saos Kacang







Thursday, November 22, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 1:36:00 AM |

Mengingatkan Diri Sendiri

Gambar dari sini.
Sedikit menyesal tadi sore minum kopi susu yang kadar kopinya lebih banyak. Sampe tengah malam eh dini hari begini belum bisa mengantuk, meski kepala mulai terasa berat...

Tapi kemudian jadi tidak terlalu menyesal sih, sebab bisa menyelesaikan dua hal ini:
  • Proposal untuk proyek baru.
  • Edit lamaran kerja punya sepupuku.
Ya kalau diterus-terusin sih, akan keterusan terus nih :)

Ada beberapa pekerjaan yang harus kulakukan sebelum meninggalkan Jogja lagi, selama hampir seminggu di awal Desember nanti. Padahal, awal Desember tinggal seminggu dari hari ini, ya!

Mendesak:
  1. Mendoakan proyekku goal :)
  2. Bikin konsep untuk pameranku di KKF. Pameran tentang Book Play Project. Gambaran mau bikin apa sudah ada sejak tiga hari lalu, namun belum dikonsep matang. Pameran akan dimulai tanggal 1 Desember. Deadline pengumpulan karya 28 Desember yang adalah tak sampai seminggu lagi. Niatnya mau bikin tentang heritage conservation, agar bisa kugunakan juga sebagai bahan kampanye Indonesian Heritage Inventory (IHI). Arghhh, belum beli bahan, belum proses pembuatannya. Arghhhh!
  3. Bikin konsep untuk sebuah video profile. Ini proyek dadakan dua hari lalu. Sudah dapat gambaran mau bikin apa, sih. Tapi masih perlu hubungi sejumlah orang untuk proses pembuatannya. Deadline akhir pekan ini :|
  4. Bikin artikel tentang digital heritage untuk dokumentasi kain-kain nusantara. Lalu menghubungi komunitas-komunitas produsennya. Ini untuk modal presentasi di konfrensi awal Desember nanti. Mestinya dilakukan dalam minggu ini ya, agar sempat mengumpulkan dan kompilasi bahan mereka. Aaak, ide ini kok ya baru kepikiran barusan!
  5. Cari tambahan modal buat tiket ikut konfrensi!!! Ah yang ini nih yang bikin paling desperado tudemak!
Harus pekan ini:
  1. Review media branding sebuah komunitas. Kujanjikan selesai pekan ini. Itu tinggal 2 hari lagi yah! 
  2. Bikin konsep untuk manajemen portal proyek terbaruku.
  3. Packing!
Harus sebelum Desember:
  1. Menemui calon klien di luar kota. Ini perlu satu hari, hanya dapat dilakukan di akhir pekan. Karena timku hanya luang di akhir pekan.
  2. Pertemukan seluruh stakeholder Borobudur dengan seorang wartawan media internasional. I am so exited with this plan! Insya Allah...
  3. Hubungi komunitas difabel UGM untuk sebuah program di Desember. Ini kok ya lupa lupa lupa terus.
  4. Cari model baju untuk dikasih ke penjahit. Baju ini akan dipakai di acara hajatan keluarga pertengahan Desember nanti.
Meski begitu, ada hal-hal menggairahkan yang akan kulakukan hingga akhir bulan ini:
  • Ikut blusukan candi-candi di kawasan Secang, Magelang!
  • Menemani seorang fotografer media internasional yang akan liputan tentang Merapi! Meski sayang, konfrensi di awal Desember membuatku hanya dapat menemani di minggu pertama peliputan. Dia akan di Jogja selama dua minggu.
  • Masak batagor! Ini besok pagi... rencananya. Semoga tidak mundur-mundur lagi, sebab segala bahan sudah dibeli sejak dua minggu lalu :|
  • Menghafal lagu NOAH. NOAH itu nama band --FYI :)
Aha, ada kesenangan apa lagi ya? Pasti banyak, meski kalah banyak dibanding tumpukan pekerjaan. Ah ah, aku tidak sedang ngomel atau merutuki nasib. Aku senang bekerja, daripada gak punya proyek, lalu manyun :)

Ini hanya cara mengingatkan diri sendiri, agar lebih ligat --kata orang Medan. Toh lagi deadline-deadline begini saja masih sempat mengetik tulisan ini kok ya! :))

Juga perlu mengingatkan diri untuk tak bergaul terlalu dekat dengan kopi sore...

Mlekom,
AZ

Wednesday, November 21, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 9:05:00 PM |

Jika Perang Pecah di Asia Pasifik

Gambar dari sini.

Jika perang pecah di Asia Pasifik

Indonesia akan menyerbu Ostrali dan mendirikan Kodam Sidney Anumerta dan Kodam Darwin Jayakarta.

Ostrali akan membalas menguasai Newzealand, karena takut berhadapan dengan TNIRI yang slogannya "Lebih baik pulang nama daripada pulang kampung".

New Zealand akan minta tolong Gandalf karena dulu pernah ditolong watku berhadapan dengan Sharuman. Nah akhirnya semua orang Ostrali dikutuk jadi penduduk Antartika.

Sayangnya serangan INdonesia ke selatan memperlemah Sektor Utara. Singapore menguasai ladang2 minyak sawit di Sumatera, sehingga pasukan Macan Tiluw devisi Siliwangi yang dikirim menghadang kelaparan akibat tidak mampu beli minyak goreng buat bikin bala-bala sama gehu.

Brunei menyerbu Kalimantan dan memindahkan Bandar sribegawan ke Samarindah dan mengubah namanya menjadi bandar Sri Begadang pimpinan Haji Rhoma Irama.

Malaysia menyerbu langsung ke Pasar Baru Bandung dan mengubahnya menjadi Pakan Baju, sementara pasukan payung pimpinan Sultan Moch Dawood menyerbu masuk ke Papua menguasai Jayapura dan mengubahnya menjadi Papua Noor Jaya.

Akhirnya Indonesia pun dikuasai oleh triumpat Singapore-Malaysia-Brunei....Sementara Indonesia pindah ke Ostralia.


###
Co-pas dari Facebook Andi Hakim. Lucu aja :)

Mlekom,
AZ

Sunday, November 18, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 7:22:00 AM |

Blusukan Solo: "Tafsir Lukisan Malam” Kauman Solo


Kelurahan Kauman bermula dari Kawedanan Yogiswara/Kapengulon. Kauman mulai tumbuh saat Paku Buwono III membangun Mesjid Agung pada tahun 1757 M. Sang Raja mengangkat Tafsir Anom sebagai Penghulu Mesjid Agung. Dalam melaksanakan tugas sehari-harinya, penghulu Mesjid Agung dibantu oleh abdi dalem ulama lainnya (antara lain Ketib dan Merbot). Para abdi dalem ulama beserta santri-nya tinggal di sekitar Mesjid Agung yang kemudian berkembang dan dinamakan Kauman yang berarti kampung “Kaum”. Pada mulanya para abdi dalem ulama hanya bekerja sebagai abdi dalem saja, istrinya bekerja sambilan membatik di rumahnya untuk konsumsi keraton. Seiring berjalannya waktu usaha rumah tangga tersebut kemudian berkembang menjadi usaha batik dan kerja rangkap ini berhasil menaikkan taraf ekonomi masyarakat. Usaha inilah yang antara lain menyebabkan masyarakat Kauman dapat membangun rumah yang megah/indah pada awal tahun 1800 sampai dengan pertengahan tahun 1900.

Sampai saat ini beberapa keturunan dari para abdi dalem “kaum” masih ada yang menempati rumah peninggalan Kakek buyut mereka, bahkan ada beberapa rumah yang masih mempertahankan keaslian bentuk bangunannya

mau tau lebih lengkap ?

mari ikuti kegiatan Blusukan Solo “Tafsir Lukisan Malam” Kauman Solo

Sabtu 24 Nopember 2012
nantinya Peserta Blusukan Solo akan diajak menelusuri sejarah adanya dan perkembanganya kampung Kauman Solo

Donasi: Rp 100.000,-
Fasilitas : Ilmu, Pengalaman, Souvenir, Makan Malam

Pendaftaran dan Informasi lebih lengkap bisa menyampaikan pertanyaan ke

Sekretariat :
Jalan Jawa No. 18, Timuran, Banjarsari, Solo
Telepon/Sms : 0271 9120522
BB Pin : 2A27C4B2


***
Copas dari Blusukan Solo.

Mlekom,
AZ

Saturday, November 17, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 7:03:00 PM |

Djeladjah Sitoes dan Tjandi di Setjang


Magelang dikenal sebagai wilayah yang banyak memiliki situs dan candi peninggalan Hindu dan Budha. Sehingga Magelang disebut juga dengan "KOTA SERIBU CANDI".

Jika anda pecinta sejarah/histori dan warisan budaya/heritage,
ayo ikuti:

DJELADJAH SITOES DAN TJANDI DI SETJANG
- Hari/tanggal: Minggu, 25 November 2012
- Waktu: 07.00 - Selesai
- Tempat Berkumpul: Monumen A Yani Taman Badaan, Magelang.
- Akomodasi: Rp 5.000,- (mendapat minuman dan roti)

Rute:
Candi Retno, Situs Bengkung, Situs Tidaran, Situs Gumbulan, Tuk Mas, dll.

Cara pendaftaran/info ketik:
DST (spasi) Nama Anda
kirim ke: 0878 32 6262 69 (Agung Dragon)

NB:
Peserta wajib memakai sepeda motor.


NIKMATI KEASYIKAN DUNIA PENJELAJAHAN BERSAMA KOTA TOEA MAGELANG.


***

Co-pas dari undangan Facebook grup Koeta Toea Magelang (KTM) di tautan ini.

Kucoba Google gambar situs-situsnya:

 


Candi Retno
Gambar dari sini.

Situs Bengkung
Gambar dari sini.


Situs Tidaran
Gambar dari sini.

Aku tak berhasil menemukan gambar Situs Gambulan dan Tuk Mas. Oia, gambaran blusukannya bisa di baca di sini.


Menarik semua, ya! Semoga saja, kali ini aku kesampaian jelajah bareng kelompok ini! Juga, semoga ada yang rela memberi boncengan motornya padaku...

Mlekom,

AZ

Friday, November 16, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 9:12:00 PM |

Workshop Seni Ukir Kertas: Book Play Project #1

Gambar: KKF
Halow teman - teman Kedai Kebun, khususnya peserta workshop seni ukir kertas "Book Play Project #1",dipandu oleh Tobucil N Klabs (R.E.Hartanto,Keni Soeriatmadja dan Tarlen Handayani)

Ada info jadwal workshop beserta alat dan bahan untuk membuat karya nih:
 
Sabtu, 17 November 2012, jam 10.00 WIB 

Workshop Book Binding, dipandu Tarlen Handayani. Alat dan bahan yang dibawa:


  1. jarum / bor 1mm / awl (berfungsi sebagai pembolong buku), 
  2. jarum tapestry (berfungsi untuk menjahit buku),
  3. benang / tali kulit sintetis / benang kasur,
  4. gunting , cutter, penggaris besi, alas potong, kertas tebal untul cover,
  5. penjepit kertas ukuran sedang (2 buah)
  6. bone folder (disediakan oleh seniman)
  7. tang jahit untuk menarik jarum
Minggu, 18 November 2012, jam 15.00 WIB
Workshop Pop Up, dipandu Keni Soeriatmadja. Alat dan bahan yang dibawa:


  1. gunting, cutter, craft cutter, 
  2. lem pvc / lem kayu
  3. kawat / kayu / benang (berfungsi untuk mengisi volume)
Senin, 19 November 2012, jam 15.00.WIB
Workshop Art Journaling, dipandu R.E. Hartanto. Alat dan bahan yang dibawa:


  1. Alat gambar (cat air, pensil warna/krayon/guache)
  2. dll
Ohw yah.... ada satu lagi nih, tolong beri tahu teman - teman peserta yang lain yah, biar saling berbagi info.

Daftar nama peserta workshop:
Utari Dewi Narwanti, Diesta Noerdiawan, Prihatmoko Moki, Rudy Atjeh Darmawan, Evi Pangestu, Ayu Desianti, Thuke Wulandari, Mira Asriningtyas, Dito Yuwono, Kurniadi Widodo, Andy Setyanta, Lutfandita Landistyas, Theresia Agustina, Rennie “Emonk”, Octo Cornelius, Iman Sutejo, Ignatia Nilam (Nilu), Agustina Tri Wahyuningsih, Ria Novitri, Dindadari Arum Jati, Herry Akhmadi, Yohana Titis, Seto Hari Wibowo, Udien Aee, Surijal, Petek Sutrisno, Fitri Kusumastuti, Puji Astari, Sari Susanti Riafitri, Wulang Sunu, Doni Maulistya, Dian Utami, Anna Theedens, Lashita Situmorang, Lia Mareza, Nauli Siregar, Edgar D Ere, Ristiyanto Cahyo, Rendy Aditya “Radit”, Imam Benjol, Adriani Zulivan.

Terimakasih teman-teman untuk perhatian dan kerjasama kalian...
Sampai jumpa di KKF yah...


Salam hangat,
-Lidwina-


***


Info di atas ku-copas dari FB Kedai Kebun Forum (KKF). Lebih lanjut, sila cek website KKF di tautan ini.


Nahlo... nyaris lupa ada workshop ini, untung tadi mlototin temlen Tuiter! Ceritanya, minggu lalu gak sengaja baca di temlen Facebook kalau KKF nyari peserta workshop. Maka mendaftarlah aku dengan gambaran kosong mengenai proyek ini.


Hummm, dan barusan aja tahu bahwa workshop ini bermain dengan buku. "The book is no longer just the text, but a medium peeled, in exploration, which is a form of reform. The Books are molded into a three-dimensional space, ...", kata web KKF. Meski aku bangsa nggak betah bermain dengan perangkat prakarya, sepertinya workshop ini menarik!


Nah, persoalan sekarang adalah: Bagaimana mempersiapkan semua bahan itu untuk dibawa pukul 10.00 besok, sedangkan toko belum buka?
Mana aku tidak familiar dengan nama-nama bahannya... :|

Eh, mau ikutan? Pendaftaran sudah tutup. Entahlah kalau kalian beruntung :)


Mlekom,

AZ  
Posted by adriani zulivan Posted on 5:30:00 PM |

Orak-arik Sayur


`
Menu siang tadi. Kumasak dengan cinta, untuk Mama yang sedang sakit dan bosan sayuran bening :))

Bahan:
Wortel 1 buah, parut tipis
Kubis 5 lembar, iris tipis
Bawang merah 2 siung, iris
Bawang putih 1 siung, iris
Cabe merah 1 buah, iris
Telur ayam 1 butir, kocok 
Garam & merica secukupnya.

Cara:
Tumis bumbu, masukkan wortel dan kubis + cabe. Aduk sampai kering. Masukkan telur. Sajikan.

Resep dari Mamaku, dengan sedikit modifikasi.

Mlekom,
AZ

Wednesday, November 14, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 9:12:00 PM |

Reka Utama Anindha untuk Mas Kiman

Foto: Sukiman di sini.

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, dengan dewan juri yang kompeten di tiap bidangnya. Akhirnya Rabu (14-11-2012) diumumkan nama pemenang lomba kreativitas bidang kebencanaan dan tokoh inspiratif dalam penanggulangan bencana 2012 di Hotel Millenium, Jakarta. Juara masing-masing kategori adalah:

Foto Jurnalistik diberikan penghargaan "Citra Adiluhung":

  1. Afriadi Hikmal (Jakarta Globe), judul: Berangkat 
  2. Agus Susanto (Kompas), judul: Menyeberang Sungai Yetni
  3. Eko Purwanto (Sindo), judul: Selamatkan diri
Film Dokumenter diberikan penghargaan "Citra Leka Birawa":
  1. Hendrik Sumarfi (DAAI TV), judul: Suara kecil dari Kaki Merapi 
  2. Aqida Swamurti (Kompas TV), judul: Warisan smong untuk dunia.
  3. Elverina Hidayati (Metro TV), judul: Hidup nyaman bersama Merapi
Karya Tulis Jurnalistik diberikan penghargaan "Citra Carita Parama":
  1. Zaky Yamani (National Geographic), judul: Petaka mengintai di Utara Bandung 
  2. Ahmad Arif (Kompas), judul: Hidup bertaut maut di jalur gempa
  3. Mohammad Hilmi Faiq (Kompas), judul: Warga Simeulue berdamai dengan tsunami
Tokoh Inspiratif diberikan "Reka Utama Anindha":
  1. Sukiman Mochtar Pratomo (Solo) 
  2. I ketut Sugata (Gianyar)
  3. Bejo (Kebumen)
  4. Eliza Kissya (Haruku, Ambon)
Juara lomba tersebut diberikan setelah mengalahkan peserta lainnya. Total peserta 755, dimana karya tulis jurnalistik 187 peserta, fotografi 519 peserta, film dokumenter 62 peserta, dan tokoh inspiratif 87 peserta.

BNPB juga memberikan penghargaan khusus “Citra Dharma Bhakti” untuk media massa yang memiliki program kebencanaan terbaik. Selama tahun 2012 tim ahli dan independen telah melakukan penilaian terhadap program tayangan TV yang terkait dengan kebencanaan. Tim telah menilai media yang layak menerina penghargaan terbaik adalah:

  1. Metro TV (program Eagle Award - Indonesia Tangguh). 
  2. Kompas TV (program dokumenter Ekspedisi Cincin Api).
  3. Koran Kompas (program khusus Ekspedisi Cincin Api).
  4. Radio Elshinta (stasiun radio pemberitaan bencana yang cepat dan informatif)
Pada kesempatan yang sama Drs Subandriyo, M.Si (Kepala BPPTK) diberikan penghargaan "Adarma Widya Argya"; atas dedikasi dan jasa-jasanya menerapkan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan. Subandriyo dinilai telah memberikan pengabdian yang luar biasa untuk kemanusian terkait dengan penanganan bencana Gunung Merapi.

Diharapkan dengan acara tersebut terjalin hubungan kemitraan dan sinerji antara pemerintah, pemda, masyarakat dan dunia usaha, khususnya media massa, sehingga memiliki visi yang sama dalam membangun masyarakat dan bangsa yang tangguh menghadapi bencana. Selain itu juga menggugah minat menulis, fotografi, film dokumenter mengenai kebencanaan. Dan tokoh inspiratif bisa menjadi teladan bagi masyarakat lain.

Acara ini adalah yang pertama diselenggarakan BNPB, dan akan menjadi agenda tahunan BNPB. BNPB mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan kepada pemenang diucapkan selamat.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB


*
Co-pas dari Bayu Nugraha.

Selamat kepada Mas Kiman dari Radio Komunitas Lintas Merapi Klaten, Jawa Tengah (jadi, bukan Solo, seperti tertulis di atas). Semoga terus bermanfaat bagi komunitas warga di lereng Gunungapi Merapi.

Mlekom,
AZ 

Tuesday, November 13, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 10:15:00 PM |

PAUD Gajahwong



Pagi tadi saya bersepeda ke bantaran Kali Gadjah Wong di Ledhok, Timoho (sekitar 400 meter ke utara di perempatan dekat SMK 8 Yogyakarta, belakang perumahan APMD). Pagi ini saya diundang oleh seorang teman yang aktif menjadi relawan di Komunitas Ledhok, kampung pemulung di pusat kota.

Komunitas ini dibangun oleh Bembeng, seorang relawan yang menginginkan warga bantaran kali ini mendapat hak yang sama dengan warga Jogja lainnya, terutama dalam akses pendidikan dan kesehatan. Mengingat, mereka disebut “penghuni ilegal” karena menempati tanah yang –selain tak bersertifikat—juga tak boleh huni akibat ancaman banjir.

Di bawah payung Tabaah (Tim Advokasi Arus Bawah) –organisasi terdaftar yang diketuai Bembeng, Komunitas Ledhok memiliki sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk memberdayakan warga, seperti PAUD, pertanian organik yang memanfaatkan sedikit lahan tersisa (berbagai sayuran dan daun mint), peternakan ayam, serta pengelolaan sampah.

PAUD adalah kegiatan utama. Beberapa tahun lalu, hampir seluruh anak usia sekolah di kampung ini diajak mengemis oleh orang ibunya. Anak remaja mengamen di jalan-jalan kota, sedangkan ayahnya memulung. Seluruh keluarga menjadi orang jalanan. Dengan kreativitas Bembeng beserta para pengajar lain, banyak anak tertarik ikut bersekolah di PAUD Gajah Wong. Yang tertarik tak hanya anak, namun juga orangtuanya. Seiring bangkitnya kesadaran bahwa anak tak seharusnya diajak bekerja menafkahi keluarga, para ortu kiini lebih merasa aman ketika anak-anaknya bermain di PAUD dibanding di jalan. Hingga kini, tinggal seorang anak lagi yang ‘bekerja’ di jalan.

Pagi itu, PAUD GW mendapat kunjungan dari SD Tumbuh. Anak-anak (yang kebanyakan dari keluarga sangat mampu ini, dan sebagian anak ekspatriat) Tumbuh diajak bermain dengan PAUD: keliling kampung untuk mengenal lingkungan, menanam tomat, dst. Sayang terjadi sedikit gap antara anak-anak Tumbuh dan PAUD ini. Saya sedih melihat tatapan seorang anak berbaju lusuh dari PAUD ke anak-anak Tumbuh. Tapi ini pelajaran baik, ya. Entah baik buat siapa, bingung saya menjelaskannya…

Hal yang dapat kita bantu:
  1. PAUD GW membutuhkan relawan tetap. Tetap di sini berarti bahwa relawan yang bekerja memiliki komitmen tinggi untuk menyelesaikan pekerjaannya, minimal dalam 1 semester ajar. Perubahan “kakak guru” yang datang membuat anak-anak sulit menyesuaikan diri. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini di UNY mungkin bisa kita tembusi?
  2. Saat ini PAUD memiliki hanya satu kelas, akibat keterbatasan tenaga pengajar & ruang ajar. Mulai tahun depan mereka berencana membagi kelas berdasar usia, menjadi dua kelas. Sebab kebutuhan anak 0-3 dan 4-6 tahun akan berbeda.
  3. Mereka juga mempunyai program untuk usia remaja, yaitu kelas untuk membantu mengerjakan PR sekolah. Anak-anak yang sudah masuk usia SD-SMU akan bersekolah di sekolah-sekolah negeri di sekitaran Timoho. Sayangnya, minat belajar pemuda usia SMP-SMA ini sangat rendah, akibat mereka lebih senang mengamen di jalan…
  4. DANA! Meski bukan persoalan utama, ini menjadi sebuah kendala besar bagi Bembeng untuk mengembangkan komunitas ini. Mereka ingin ada semacam poses orangtua asuh bagi tiap anak di sini.
  5. Teman-teman TABAAH mempunyai website. Mereka menginginkan perubahan pada website untuk menunjukkan pada dunia bahwa mereka ada. http://www.taabah.com/
Dalam rangka ulang tahun dan wisuda angkatan pertama PAUD Gajah Wong, Komunitas Ledhok akan mengadakan Festival Sekolah Gajah Wong. Ada banyak hal yang bisa kita bantu di sini terkait kebutuhan penyelenggaraan. Cek infonya di sini. Lihat foto lain di sini.

Trims pada @kireynazkiya untuk ajakannya.

Mlekom,
AZ 

Saturday, November 10, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 10:02:00 PM |

IHI Poster #2 for NODEM-DIHA

`
Another poster for Indonesian Heritage Inventory (IHI) for NODEM-DIHA conference, designed by Abdullah Rofii.

Thanks for the nice work, Cak Pii!

Mlekom,
AZ
Posted by adriani zulivan Posted on 8:40:00 PM |

Rumah Cinta Kasih untuk Arnawati


Untuk teman-teman semua, saya mengadakan donasi dengan tema "Rumah Cinta Kasih Untuk Arnawati"...sebuah proyek untuk menggalang dana mengumpulkan biaya membangun sebuah rumah layak huni untuk Arnawati dan nenek nya yang renta..yang kini tinggal di Lebak Banten...saat ini mereka tinggal di kandang kambing...mereka saat miskin...teman-teman yang bersedia mendonasikan sedikit kelebihannya untuk membantu proyek rumah ini...bisa hubungi saya di 0812 8625 8071....peran serta semua teman-teman sangat saya harapkan...Tuhan Memberkati.....

***
Info dan foto ini co-pas dari Facebook Riko Tjahyadi dari alamat berikut. Aku tidak begitu yakin dengan kebenaran informasi ini. Entahlah. Ada yang bersedia mengecek?

Salam,
AZ

Thursday, November 8, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 10:08:00 PM |

IHI Poster for NODEM-DIHA


Just send it to the commitee of NODEM-DIHA. Thank you Abdullah Rofii for the hard-work under the tight deadline. *kisskiss*

Mlekom,
AZ

Sunday, November 4, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 10:23:00 PM |

FSG Tunas Bangsa


Foto: Tante Kristi di alamat ini.
Minggu (4/11) pagi saya mengikuti aksi relawan  FSG Tunas Bangsa di Bangsal Kanker Anak RSU Sardjito. Bersama pasien, kami membuat gelang dari tali. Kegiatan sederhana ini membuat para pasien anak ceria. Usai kegiatan yang hanya dua jam ini (09.00-11.00), kami mengedarkan puluhan botol sabun cair pemberian donatur ke seluruh kamar di bangsal.

Pasca kegiatan, saya diperkenalkan kepada seluruh relawan. Saya jelaskan tentang H&D dan menanyakan kemungkinan mendapat kasus spesifik mengenai “mimpi dan harapan” salah satu pasien yang mungkin bisa kita wujudkan. Serempak, mereka menolak: “Kami selalu bersama-sama, jika satu anak mendapat keistimewaan, itu akan berakibat buruk pada kejiwaan mereka”. Sebaiknya membantu untuk pogram yang sudah berjalan saja, agar segala kegiatan bisa dinikmati seluruh anak.
Satu catatan, pasien anak ini memiliki banyak pantangan, terutama debu. Itu alasan mengapa mereka tak boleh berkegiatan di luar ruangan. Bahkan untuk pemberian mainan pun harus sangat diseleksi, misal tak boleh boneka berbulu.
Ada sekitar 20 relawan yang datang silih berganti di tiap pekan. Pagi ini ada 8 relawan yang hadir, mayoritas mahasiswa. Selain minggu pagi (ini hari terbanyak relawan datang), tiap hari ada pula satu-dua relawan yang datang ke bangsal ini. Mereka membantu keluarga pasien untuk bermain dan belajar dengan pasien. Ada pula keluarga pasien yang mendatangkan guru les untuk anaknya.

Kebutuhan relawan ini mendesak, sebab relawan yang datang tak bisa bekerja tetap akibat kesibukan mereka masing-masing. Yang dapat kita lakukan adalah:
  1. Mengajak lebih banyak relawan untuk bekerja di sini, hingga tak ada waktu kosong untuk menemani pasien dan menggantikan peran keluarga yang pastinya sangat cape secara fisik dan emosi.
  2. Relawan juga dibutuhkan untuk konseling emosi keluarga pasien (terutama orangtua). Jika para pasien sangat ceria tiap ada permainan, para ortu yang menunggui anak-anaknya ini bermuka suram. Mungkin yang ada di otak mereka hanya satu: Anakku akan pergi, segera.
  3. Ada pula kasus spesifik dimana anak yang sudah datang ke Sardjito dan divonis kanker --lalu pulang ke desanya untuk persiapan rawat inap (pemberitahuan keluarga, ambil pakaian, dst), tak bisa kembali ke Jogja akibat tak memiliki dana. Meski bea medis ditanggung Jamkesmas, bea transportasi tak ada yang menanggung.
  4. Bisa pula kita datangkan murid-murid sekolah bergantian, yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Bagi anak-anak yang sehat, mereka akan mendapat pelajaran penting tentang pentingnya sehat, di sisi lain pasien akan berinteraksi dengan orang baru yang mungkin akan menambah percaya diri mereka, atau menjawab kerinduan pada teman-teman sebayanya. Saya bilang mungkin, sebab bisa jadi sebaliknya: mereka makin kehilangan percaya diri di antara anak-anak sehat itu. Kita perlu konsultasi dengan dokter di bangsal ini, mungkin. 
Trims pada Tante Kristi untuk kesempatan ini. Membuat saya sangat ingin bergabung dengan teman-teman relawan lain di sini.

Mlekom,
AZ

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata