Monday, January 14, 2013

Posted by adriani zulivan Posted on 9:20:00 AM | No comments

Dharmawisata BOL BRUTU & Wisata Gunungkidul

Sumber gambar dari sini.
Teman-teman saya hendak berkunjung ke Museum Kayu Wanagama sekaligus bertemu dengan pimpinannya Pak Suranto, Dosen Kehutanan UGM yang mempunyai rencana untuk memperkenalkan konsep "Kebudayaan Kayu". Pak Suranto sudah konfirmasi untuk kesediannya menerima kita semua untuk ngobrol-ngobrol.

Museum Kayu Wanagama terletak di Hutan Wanagama Bunder Playen Gunungkidul. Museum ini memiliki koleksi fosil kayu berusia ratusan tahun, Arca Gupolo dari Sengon, dan lain-lain. Selain itu Museum ini juga menjadi lokasi favorit fotografer untuk mengabadikan aliran Sungai Oya dari sudut yang menarik. Menuju museumnya sendiri kita akan masuk hutan dengan syahdu.


Kemudian jika masih ada waktu kita bisa berkunjung ke Museum Radio di Banaran Playen Gunungkidul, sebuah rumah Limasan yang pernah menjadi saksi Gerilya Jendral Sudirman, atau kita bisa menuju Desa Ngloro Kecamatan Saptosari untuk menyaksikan bagaimana secara turun-temurun warganya mempertahankan konsep rumah yang memadukan Joglo dan Limasan. Beberapa rumah di Desa tersebut sudah resmi menjadi Bangunan Cagar Budaya. Siapa tahu kita juga masih bisa mampir ke Pantai di sekitaran pesisir Saptosari. (akehe kepinginane)


Akan menarik jika Mahatma Anto, Greg Wuryanto, Apriadi Ujiarso, Kris Budiman, Putu Sutawijaya bisa bergabung mengingat "kedekatan" mereka dengan "Kebudayaan, Kayu dan Rumah" ;).


Jika anda berminat untuk bergabung, mari kita berkumpul di Area Parkir dan Perkemahan Wanawisata Bunder Playen Gunungkidul, 19 Januari 2013 Jam 09.00 WIB (Persis setelah Jembatan Sungai Oya). Oh ya, mas Hery Fosil rencana akan mengajak para pemuda-pemudi Gunungkidul juga (mohon pemudinya dibanyakin ya :-p).


Siapkan Kamera, Jas Hujan dan tiket masuk Museum Rp. 5,000,- serta biaya bensin dan konsumsi anda masing-masing serta jika nantinya diperlukan urunan.


Jadi ... siapa yang mau ikut?


Pengumuman dari Cuk Riomandha di grup Facebook BOL BRUTU.


Ancer2nya ya sebelum masuk Playen ... Alas Bunder, kalau udah sampe p4 gading berarti kebablasen.


Kata kuncinya: "rest area BUNDER". turun di situ, lalu nyebrang jalan besar, masuk ke jalan setapak di samping warung...teruus nanti museum akan kelihatan di sebelah kiri kita. museumnya tidak kelihatan dari jalan besar wong neng tengah alas je...



about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata