Monday, July 1, 2013

Posted by adriani zulivan Posted on 6:58:00 PM | No comments

HISTORY-CAMP 2013: Sensasi Menginap di Pulau Penjajah


HISTORY-CAMP: Sensasi Menginap di Pulau Penjajah. 
Sabtu-Minggu, 6-7 Jul 2013. 

Hi Histoholic! Slmat pagi!! Udah pd siap dgn petualangan seru bareng KHI seblum puasa ini? Kalau udah yuuk ikut HistoryCamp di Pulau bekas Penjajah.

Apa?
Ini adalah event menginap di pulau bersejarah yg ke-5 kali yg KHI adain stelah didirikan pd th 2003. Terakhir event serupa diadain pd th 2007.

HistoryCamp sbenernya paduan atau nama lain dr Historical Islands Adventure yg sudah digelar sejak 2003. Bedanya yg ini menginap & bikin Jelajah Malam di Pulau.

Historical Island Adv sendiri sudah digelar ke-11. Dgn HistoryCamp ini berarti yg ke-12. Seru banget, gak pernah bosen loh. Hehehe

Kapan?
Catat waktunya: Sabtu-Minggu, 6-7 Juli 2013. Pemberangkatan di mulai dr Pelabuhan Muara Kamal pkl.4pm dan akan berakhir besok siang hari, 11am.

Dimana?
Acara menginap akan dilakukan di Pulau Onrust. Pulau yg sudah ratusan tahu memiliki kisah sejarah yg mnnurut sbgian org mungkin mnyeramkan.

Pulau ini skrg kosong, alias tdk berpenghuni. Terdapat dermaga tua (1610), benteng+bastio (1650), kuburan Belanda, barak karantina haji (1911-1933), dll.

Di Pulau Onrust ini msh dipercaya ada kuburan Kartosuwirjo (pemimpin DI/TII). Mskipun perlu dibuktikan kebenarannya. Karena kabar terakhir di Pulau Air.

Di keesokan harinya, kita akan mengesplorasi pulau Kelor yg msh mmiliki Benteng Martello yg keren (1850) & jejak kuburan Belanda.

Stelah itu, kita akan mnjelajahi sisa reruntuhan rumah sakit eks Karantina Haji 1911-1933 & eks karantina penyakit menular 1950-'60an di Pulau Kahyangan.

Meski terkesan menyeramkan, acara HistoryCamp ini bebas dr acara berbau mistik2an / hantu2an. Event ini murni bermain & belajar sejarah.

Jarak tempuh pulau Onrust ke Jakarta skitar 25 menit (14 mil). Jd tdk terlalau jauh. Pulau Onrust trgabung dlm gugusan Kep. Seribu, DKI Jakarta.

Kenapa?
Mnjelang puasa, kita perlu berlibur & bersenang2. Jangan lupa ajak keluarga (adik, kakak, ortu, istri, pacar, dll), agar lbh excited.

Nah, krna liburannya bareng KHI, dijamin liburan anda jd lbh bermakna & berkualitas. Slain fun, tp jg makin cinta Tanah Air Indonesia.

Siapa?
Acara ini dapat diikuti oleh Anda yg berumur diatas 10th. Jk anda dibwh umur tersebut, harus didampingi orang tua. Tentu anda harus sehat jasmani+rohani.

Event ini disampaikan dalam pengantar Bahasa Indonesia. Ekspatriat disarankan membawa interpreter. 

Acara ini akan dilangsungkan jk kuota per-kapal terpenuhi, yaitu 25-30 org. Jk dibawah kuota, makan akan dibatalkan. Bgitu pula kelipatan per kapal selanjutnya.

Biayanya?
Utk mengikuti event ini, anda diminta mempersiapkan dana sebesar (antara) Rp.50rb sd. Rp.150rb. Karena panitia msh menghitungnya utk anda.

Fasilitasnya?
Anda akan disediakan Transportasi kapal PP, api unggun kecil, berbekyu (ikan bakar), jelajah malam di pulau onrust (ini langka sekali kesempatannya).

Untuk sarapan pagi esokannya, anda diminta membawa roti/makanan sendiri. Untuk makan siang, panitia tidak menyediakannya. Krn qta sdh di Jakarta sblum/pas makan siang. 

Caranya?
Jika tertarik ikut, anda diharuskan SMS segera yg berisi: Nama, Umur, Jenis Kelamin, Alamat email, & alamat tinggal ke: 0818.0807.3636.

Tips & Trick?
Karena di alam terbuka & menginap, anda diharuskan membawa lotion anti nyamuk, sunblock, sun glass, handuk kecil, topi lebar, pakaian casual.

Bawa juga kamera, recorder, senter, jas hujan/payung, obat2an pribadi secukupnya.

Do & Don't?
Tidak berkata2 yg sombong. Tidak berpencar dgn kelompok. Tidak merokok di area yg tlh ditentukan. Tdk membuang sampah sembarangan. 

Pulau bersejarah dilindungi oleh UU BCB No.11/2010. Anda dimohon utk tidak mengotori, mengambil/memindahkan, merusak, dll. Karena jk anda melakukannya akan dihukum.

Anda disarankan membawa trash bag, yg akan kita gunakan memungut sampah disekitar pulau. Ini merupakan upaya kecil kita utk menjadikan pulau sejarah terpelihara. Setuju kan?

Info lengkap?
Ke: 081808073636 atau follow @IndoHistoria dan kunjungi website kami di http://www.komunitashistoria.org/. Terima kasih!

Sumber: IHC

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata