Wednesday, April 16, 2014

Posted by adriani zulivan Posted on 7:25:00 PM | No comments

Pentas Wayang Manuk



Kamis, 24 April 2014 | 19.00 | Balai Soedjatmiko, Solo

Suatu kali di pertengahan tahun 2013 Slamet Gundono datang ke Balai Soedjatmoko, siang itu dalam percakapan Gundono mengatakan ingin sekali mengadakan pementasan di Balai Soedjatmoko, tampil bareng dengan perupa Nasirun yang telah lama dikenalnya.

Sesaat setelah percakapan siang itu Slamet Gundono menghubungi Nasirun, dan mereka berdua mendesain pementasan yang rencananya akan dilakukan awal Maret 2014. Nasirun sendiri berinisiatif membuat berbagai wayang seusai diskusi dengan Gundono, dan Gundono sendiri berulang kali datang ke tempat Nasirun untuk melihat perkembangan wayang yang akan dipentaskan nanti.

Wayang yang dipesan Slamet Gundono adalah Wayang Manuk atau Wayang Burung dengan berbagai jenis mulai dari ukuran kecil dan berbentuk burung, kemudian wayang purwa yang kepalannya berupa kepala burung sampai wayang burung yang sangat besar. Namun Slamet Gundono belum sempat melihat beberapa wayang telah dibuat Nasirun, hal ini juga menjadikan Nasirun seperti punya hutang janji dengan Slamet Gundono. 

Setelah meninggalnya Slamet Gundono bulan Januari 2014 lalu Nasirun kemudian berkomunikasi lagi dengan Balai Soedjatmoko, dan pada bulan April ini wayang tersebut akan dipentaskan dengan dalang Sri Waluyo, salah seorang keponakan Slamet Gundono yang juga kita kenal sebagai dalang wayang golek pesisiran.

Sumber: Balai Soedjatmoko

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata