Saturday, September 9, 2023

Posted by adrianizulivan Posted on 12:46:00 PM | No comments

Let Them Unchained!


Ketika dua hari lalu hape rusak, saya banyak nonton film di TV. Gonta-ganti film dari berbagai kanal sinema, di satu waktu bersamaan.


Nonton Django Unchained sampe jam 2 dini hari. Latar waktu di jaman itu menarik mata... hingga tiba adegan kekerasan kepada para budak yang bikin saya ganti kanal dan balik lagi setelahnya.


Saya ga pernah kuat lihat kekerasan, meski dalam skenario film. Tapi malam itu ada rasa lain yang muncul di pikiran: saya marah.

Ketika perempuan dibelenggu secara seksual, ketika identitas kelompok dilecehkan dengan kekuasaan, ketika mahluk Tuhan dihina oleh sesama mahluk Tuhan... Dan masih banyak adegan lain.


Saya tahu, film ini bukan berdasar kisah nyata. Tapi saya ga tahu, kenapa bisa se-emosi itu. Lalu menduga, ini adalah efek dari @orangtuabergerak (OB).


Hampir setahun terlibat dalam advokasi kasus ini, otak dan hati saya terbentuk menjadi cengeng dan pemarah. Mudah emosi untuk urusan terkait hal sejenis.



Pagi ini terbangun dengan membaca pesan lama (yang tiga pekan lalu masuk melalui japri di akun @orangtuabergerak, namun belum terbaca). Pesan dari orang tua yang anaknya dikiriminalisasi oleh aparat kriminil! Kasus yang mirip dengan kejadian asal tangkap yang ditangani OB.


Mata saya berair. Hati saya marah. Saya bisa apa?


Let them unchained!


YK, 20230910

Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata