Tuesday, July 15, 2014

Posted by adrianizulivan Posted on 9:50:00 AM | No comments

Max Havelaar atau Lelang Kopi Maskapai

Max Havelaar atau Lelang Kopi Maskapai Dagang BelandaMax Havelaar atau Lelang Kopi Maskapai Dagang Belanda by Multatuli
My rating: 3 of 5 stars

Pertama kali baca buku ini saat menjadi mahasiswa baru, sebagai buku wajib di mata kuliah Sejarah Sosial Politik Indonesia di Fisipol UGM. Saya lupa waktu itu baca edisi yang mana, sebab tentu saja, kami--mahasiswa--hanya memfoto-kopi dari buku yang telah dikopi. Duh!

Seingat saya, edisi yang saya baca dulu editing tulisannya lebih baik, mudah dimengerti. Benar-benar berisi kisah kehidupan penjajahan di Lebak, tanpa merasakan ini sebagai sebuah tulisan berbentuk surat.

Yang terbitan 2005 ini sangat berbeda, saya yakin ini adalah tulisan terjemahan asli dari HB Jassin. Buat saya, membaca edisi ini sangat membosankan, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memahami kalimat-kalimatnya. Bagaimanapun, saya jadi tahu tulisan aslinya.

View all my reviews
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata