Saturday, December 31, 2016

Posted by adriani zulivan Posted on 11:51:00 PM | No comments

Layanan Puskesmas di Kota Jogja

Pernah gunakan layanan Puskesmas di sekitar tempat tinggalmu?

Saya (akan) pernah.




Update, setelah selesai layanan:


Menurutku ini kemahalan untuk layanan Puskesmas, mengingat profil pengguna layanannya. Tadi tambal dua gigi kena Rp 30.000. Jadi total Rp 52.000, angka yang pasti besar untuk kebanyakan pengguna Puskesmas yang ga punya jaminan kesehatan.


Di Jakarta (aku berobat di Puskesmas Menteng Jakarta Pusat) semua layanan Rp 2.000 di jam kerja, Rp 15.000 setelah jam/hari kerja (layanan klinik umum 24 jam/7 hari). Layanan tambal gigi seharga Rp 10.000, alat dan fasilitas di ruang gigi sudah pakai teknologi terbaru sebagaimana di rumah sakit. Belum lagi soal bagunannya yang boleh lah disamakan dengan kelas rumah sakit kecil/klinik besar.


Di Puskesmas di tengah kota Yogya ini, lampu sorotnya mati, sedotan saliva ga fungsi dan air kumur diambil dari kran washtafel. Huf, padahal Yogya menjadi barometer kesehatan di Indonesia.


Yang bikin beanya lebih mahal pastinya akibat minimnya alokasi anggaran kesehatan sebagai subsidi pemerintah. Ah sayang sekali, ini yang agak mengecewakan. Tapi layanan dan kesigapan petugas oke semua, malah lebih ramah dari Jakarta.


Kesimpulan: akan datang kembali jika membutuhkan, tapi semoga ga ada keluhan kesehatan apapun deh. Amin.


Mlekom,

AZ


about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata