Sunday, August 10, 2014

Posted by adriani zulivan Posted on 9:31:00 PM | No comments

Bikin Pengganti MSG Itu Mudah!

Bener lho, mudah! Aku sih sudah khatam saran-saran di dunia maya tentang "bahan pengganti MSG", tapi baru kali ini benar-benar bikin kaldu sendiri dalam jumlah banyak. Gegara nonton video ini nih.

Kaldunya kubikin yang banyak, biar kalau masak-masak gitu mudah. Yang kepengen, bisa nyoba. Mudah banget!


Bahan:
1 ons tulang sapi, bersihkan dari segala gajih
1 ons tulang ayam, kulit ikut gak apa-apa asal buang lemak di baliknya
1 ons udang, jangan dikupas dan jangan buang kepala

Bumbu:
3 ruas jahe
5 siung bawang putih

Cara:
  • Cuci bersih dan potong-potong semua bahan, kecuali udang disayat saja belakang badan.
  • Rajang halus seluruh bumbu, jangan diulek agar air kaldu tidak keruh
  • Rebus air 3 L sampai mendidih.
  • Masukkan seluruh bahan + bumbu.
  • Tutup panci. Masak dengan api kecil sampai harum.
Hasilnya, satu kontainer ini penuh.
Setelah dingin, saring. Simpan airnya di dalam wadah, masukkan kulkas. Tinggal keluarkan jika butuh. Segala bahan sisa jangan dibuang. Bisa untuk campuran mie, nasgor, dll. Kalau suka ceker ayam, bisa tuh pakai itu daripada tulang lain. Penjual bakmi Jawa biasanya pakai kaldu ceker.

Sisa terbuang, segala kulit ayam dan kepala udang serta bumbu.
Mudah, ya. Aromanya enak banget, terutama karena udang. Masaknya memang agak lama, mungkin sejam. Tapi waktu itu tak seberapa, dibanding derita yang harus kau tanggung akibat terlalu banyak mengonsumsi MSG, Esperanja! Tsaaaah.

Mlekom,
AZ
20140811

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata