Monday, August 11, 2014

Posted by adrianizulivan Posted on 10:04:00 PM | No comments

Mie Keling/Rebus Medan


Jangan pulak ko tanyak sama aku, mana makanan paling enak di dunia. Karna, nantik bisa protes aku sama si CNN itu. Masak dibilangnya rendang! Sini cobak kubilang dulu sama kao, Mie Keling Medan inilah yang enak kali!

Udahan ah, ngomong Medannya. Nanti kalok gak adak yang ngerti, buat apalah pulak aku tulis ini! :p

Jadi gini, meski setengah darahku adalah Minangkabau, buatku rendang bukan makanan terenak sedunia. Meski Mamakku lebih sering masak rendang, buatku Mie Keling inilah juara selera!

Mie Keling. Disebut begini konon karena dua alasan. Satu, warnanya hitam, keling (kata orang Jawa: ireng geteng). Dua, karna yang jual orang Keling (orang keturunan India), yang jumlahnya banyak di Kota Medan, sampai ada Kampung Keling.

Nama lainnya Mie Rebus Medan. Ya sukak-sukak kao ajalah, mau nyebut macamana. Yang penting, ko catat cara bikinnya ini. Akupun cuma nyontek nya, dari mamak-mamak orang Medan ini. Aku cuman gak pakek tomat aja, dan gak ada mie lidi di Jogja ini. Aku cumak mau ngasih resep sambal cabe rawit yang disebut di resep itu saja.

Bahan:
10 cabe rawit merah
3 bawang putih
1/2 jeruk nipis

Cara:
Goreng cabe dan bawang, lalu angkat, haluskan dengan blender/ulekan. Tambahkan sedikit garam dan perasan jeruk nipis.

To ko cemana rasanya Mie Keling ni? Macam dibawak keliling dunia sama CNN! Inilah Makanan terenak sedunia. Versiku lah pulak! :)

Mlekom,
AZ

Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata