Wednesday, March 10, 2010

Posted by adriani zulivan Posted on 10:25:00 AM | No comments

Sepakbola Jagoan Gunung


Hey! 

Ini perjalan dinas luar kota pertama bersama lembaga yang baru saya masuki minggu lalu ini. Sebagai sebuah institusi non pemerintahan yang bergiat untuk penguatan peran masyarakat sipil, lembaga ini mempunyai beragam kegiatan lapangan yang terlalu sayang untuk ditinggalkan.

Nah, siang itu kami mengunjungi Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini berada persis di kaki Gunung Sumbing, salah satu gunung yang jadi rujukan para pendaki. Butuh dua jam perjalanan dari Yogyakarta menuju lokasi ini.

Karena berada di dataran tinggi, desa ini bersuhu dingin. Warga setempat bertani untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Sayur-sayuran menjadi hasi utama. Selain itu, mayoritas warga memelihara berbagai binatang ternak, seperti kambing, domba dan sapi.

Aktivitas warga dimulai sejak subuh, ketika mereka pergi ke ladang. Jangan mencari waga di rumah pada pagi dan siang hari, sebab mereka baru akan pulang ke rumah di sore menjelang senja dengan membawa rumput untuk pakan ternak.

Ketika orangtua sibuk, anak-anak berkumpul di tanah lapang seadanya, membuat kesibukan sendiri usai pulang sekolah. Mereka berkumpul dan bermain bola kaki. Begitu ceria, hingga mampu menghangatkan dinginnya udara.

Tanpa atribut, tanpa seragam, tanpa sepatu, tanpa gawang, tanpa peluit, tanpa kartu berwarna. Inilah mereka, para jagoan kecil Gunung Sumbing, yang mencipta permainannya sendiri.

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata