Wednesday, April 9, 2014

Posted by adriani zulivan Posted on 10:04:00 PM | No comments

Wordpress atau Blogspot?


Blog yang sedang kamu baca ini menggunakan Blogger/Blogspot. Aku menggunakannya sejak 6 tahun lalu. Mengapa memilih Blogspot? Lupa alasannya. Mungkin saat mengetik kata kunci "cara membuat blog", yang keluar layanan ini. Yang pasti, saat itu Blogger terlihat mudah bagiku yang baru belajar curhat di media internet :)

Tiga tahun kemudian, aku membuka akun di Wordpress, namun tidak diseriusi gara-gara... apa ya? Sepertinya gara-gara aku terlanjur cinta dengan desain Blogger-ku yang lama. Ternyata, menggunakan Wordpress lebih mudah dibanding Blogger. Ini menurutku.


2010 lalu aku dan pasangan membuat akun Wordpress untuk curhat-curhatan perjalanan kami berdua. Sejak itu, aku lebih banyak membuat akun dengan Wordpress untuk keperluan pekerjaan. Mengapa? Sebab lebih banyak fasilitas yang memanjakan pengguna.


Fasilitas-fasilitas tersebut telah tersedia di mesin Wordpress, jadi kita tinggal menggunakan. Blogger tidak memilikinya, meski dapat dipasang dengan cara yang ribet (edit HTML, atur template, dan seterusnya). Aku yakin ini bukan hal mudah buat blogger baru.

Aku mendapat banyak pertanyaan terkait ini, terutama dari teman-teman yang ingin serius nge-blog. Pertanyaan ini muncul lagi beberapa pekan lalu saat pelatihan di Merapi. Yawes, ini kelebihan dan kekurangan masing-masing mesin tersebut--menurutku.


Blogger:

  1. Sejak 2003 dibeli Google, namanya lebih dikenal sebagai Blogspot. Sebagai raksasa bisnis media maya, tak perlu khawatir jika Blogger tiba-tiba ditutup akibat bangkrut. Dulu aku kehilangan cukup banyak tulisan di layanan blog milik Friendster. Sedih :(
  2. Sebab berafiliasi pada Google, untuk masuk (log ini) di Blogspot sangat mudah jika kita punya akun Gmail. Oh ya, aku penggemar berat Gmail sebab memiliki banyak sekali fitur aplikasi.
  3. ... (sila tambahkan)
Wordpress:
  1. Meski tidak (belum?) diakuisisi oleh perusahaan besar dunia, tak ada kekhawatiran untuk menggunakan layanan ini, sebab jumlah penggunanya sangat besar. Siapa pemiliknya? Cek di sini.
  2. Tampilan back-end (ruang administrator) lebih mudah dimengerti. Terdiri dari hanya satu landing page (halaman dasar) yang di bagian kirinya telah memuat segala fitur. Untuk melihat komentar, misalnya, di Blogspot harus membuka halaman berbeda.
  3. ... (akan bertambah lagi jika aku ingat)
Fasilitas Wordpress yang tidak terdapat di Blogspot: 
  1. drag picture. Tarik gambar dari file komputer, langsung ke aplikasi blog). 
  2. slide-show photo
  3. aplikasi mudah untuk menampilkan foto identitas yang akan selalu muncul berdampingan dengan nama kita. Aplikasinya bernama Gravatar
  4. tag (kata-kata kunci). Penting untuk memudahkan mesin pencari menemukan blog kita.
  5. page (halaman). Salah satu fungsinya adlah untuk memudahkan pembaca menikmati berbagai informasi mengenai isi blog dan penulisnya.
  6. bisa balas tiap komentar, langsung pada komentator, tidak di tempat terpisah. Bagaimana ya jelasinnya? Misalnya seperti contoh ini untuk Wordpress dan ini untuk Blogspot.
  7. Wordpress akan memberitahu tiap tulisan yang merujuk pada blog kita, asalkan si penulis menerakan alamat tulisan kita pada tulisannya.
  8. ... apa lagi ya?
Secara profesional, banyak pendapat lain tentang plus-minus Blogspot dan Wordpress. Sila googling, ini salah satunya.

Yawes, begitu dulu. Gambar dari sini.

Mlekom,
AZ


about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata