Saturday, May 31, 2014

Posted by adriani zulivan Posted on 11:28:00 PM | No comments

Komunitas yang Bergerak



Aku selalu senang melihat komunitas pusaka yang bergerak aktif. Meski mereka bukan organisasi besar. Meski agenda mereka sedehana. Salah satunya adalah komunitas Kotagede Heritage Library.

Seharian tadi agendaku padat, namun demi memberi dukungan pada mereka yang telah bergiat dan mau mengundangku secara khusus, maka kusempatkan. Malam ini adalah agenda kedua program Bincang Akhir Pekan, temanya membuat film pendek.

Setelah makan malam di pasar Kotagede, kami langsung ke Pendopo Dalem Ngaliman, tempat penyelenggaraannya. Sesuai undangan, acara berlangsung pukul 18.30, ternyata belum ada yang datang. Kami pun nongkrong di Waung Jawi Dalem Sopingen, pesan wedangan.



Acara baru dimulai pukul 20.30 (!). Hahahaha, itu ketika perutku sudah gembung kebanyakan minum dan mata sudah sangat mengantuk. Kupaksakan tetap di sana, selain gak enak kalau langsung pulang ketika acara baru dimulai, juga pengen lihat presentasi pemateri.

Sayang, materinya sangat dasar, "apa yang dimaksud dengan video, video pendek", dst. Harapanku adalah materi semacam "mengapa perlu mendokumentasikan lingkungan sekitar, terutama Kotagede yang kaya peninggalan pusaka". Pemaparan malam ini juga lebih tepat disebut "bincang-bincang atau diskusi", bukan workshop seperti yang disebut dalam undangan :) 
Aku, yang cuma kelihatan hapenya :)
Bagaimanapun, ini langkah awal yang hebat. Membuat anak muda berkumpul (hadir perwakilan Karang Taruna dari masing-masing RT di Kotagede) untuk membicarakan kampungnya bukan hal mudah. Menurut panitia, agenda ini akan berlanju dengan pembuatan video hingga dapat ditonton khalayak.

Komunitas yang bergerak perlu selalu didukung. Nah, jadi nggak sabar nonton videonya kan?

22.00 aku pulang, setelah nggak kuat dengan asap rokok yang ngebul di mana-mana. Gambar terakhir milik panitia, bersama foto-foto lain di album ini.

Mlekom,
AZ
20140712
about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata