Monday, May 2, 2016

Posted by adriani zulivan Posted on 11:43:00 PM | No comments

Tentang Dedek, Si Budi dan Lainnya...


Dedek
Hingga delapan bulan kelahirannya, seorang bayi belum memperoleh nama. Kedua orangtuanya belum memutuskan sebuah nama bagi bayi kedua mereka ini. Kakak si bayi yang berusia dua tahun, kerap memanggilnya dengan "Dedek". Orangtuanya mengikuti, meski lebih sering memanggilnya dengan "Adek".

Sebutan Dedek mulai populer di kalangan saudara, tetangga, kerabat, handai taulan, hingga adik si bayi yang lahir lima tahun setelahnya. "Kak Dedek," begitu si adik memanggilnya.

Si Budi
Seorang pegawai bank menyerahkan perawatan anaknya kepada Nenek Diah, begitu anaknya menyebut sang baby sitter, sejak bayi hingga berusia tiga tahun. Saking dekatnya hubungan anak dan perawatnya ini, si anak selalu ngelendot kemanapun Nenek Diah pergi, bahkan ketika berakifitas. 

Bahu Nenek Diah sering dinaiki ketika ia sedang mencuci, serta kemanjaan lainnya. Meski merecoki pekerjaannya, Nenek Diah tak pernah marah. Ia bahkan menyebut anak ini dengan "Si Budi" yang diartikannya dengan Si Baik Budi.

Adriani
Ramijah lahirkan seorang bayi perempuan, dan memberinya sebuah nama. Nama itu kemudian diganti menjadi Muryati, untuk menangkal nasib buruk yang membuatnya sering jatuh sakit.

Haidanur melahirkan bayi perempuan, diberi nama Adriani, yang menurut cerita, diambil dari nama adik suaminya yang meninggal dunia di akhir usia remaja.

Muryati awalnya bernama Adriani. Haidanur adalah kakak ipar Muryati.

Dewi
Sekelompok anak SMP mungkin kesulitan menyebut kata Dwi, sehingga mereka memanggilnya dengan Dewi.

Aad
Guru sebuah lembaga bahasa menyebut muridnya yang bernama Adriani dengan panggilan Aad. Untuk membedakan ketika memanggil nama murid lainnya yang bernama Andriani, yang memiliki panggilan "Aan".

Tika
Dua teman baik merasa perlu untuk memanggil sahabatnya dengan sebutan "Tika", sebuah suku kata dari nama belakang sang sahabat.

Rian
Terkadang, orang membuat panggilan nama seseorang dari potongan suku kata yang terdapat dalam sebuah nama. Termasuk ad-rian-i. Sejumlah kelompok pertemanan menggunakan sebutan ini.

Adrian
Terkadang lagi, orang menyebut nama seseorang berdasar kemiripan nama dengan orang lain. Seseorang bernama Adrian sangat banyak kan?

AZ
Zulivan Syarif, begitu nama ayahnya. Syarif adalah nama kakeknya. Sebagaimana 'urang awak' kebanyakan, ia menambahkan nama ayahnya di belakang nama. Maka kini dia lebih dikenal dengan Adriani Zulivan. Atau Dedek Zulivan di lingkungan keluarga.

Bayi, anak, sahabat, perempuan yang memiliki banyak sebutan dan panggilan nama ini, bernama Adriani Dwi Kartika binti Zulivan. Usianya bertambah hari ini.

Foto waktu masuk TK, dikirim papa via WA di ultahku tahun lalu :)

Mlekom,
AZ

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata