Friday, August 19, 2016

Posted by adriani zulivan Posted on 3:01:00 PM | No comments

Cara Mengembalikan Foto yang Hilang dari SD Card

Pekan lalu aku berkesempatan menyaksikan tari sakral dari Kraton Surakarta Hadiningrat. Bedhaya namanya. Tarian sakral ini dulunya hanya boleh ditonton oleh keluarga kerajaan, kini ketika kraton menampilkan tarian ini ketika menyambut tamunya.

Seumur-umur memang baru sekali melihat pertunjukan tari bedhaya secara langsung. Pernah menonton tarian ini di TVRI Yogya ketika menyiarkan langsung pernikahan anak Sultan Kraton Yogyakarta Hadiningrat.

Intinya, aku bahagia sekali malam itu. Sampe SD card penuh dioakai untukmotret dan videokan tariannya. Beberapa hari kemudian setibanya di Jakarta, kusalin foto-fotonya ke komputer. Eh kemarin foto-fotonya kok ya hilang! :'(

Duh kebayang kan sedihnya. Kapan lagi dapat kesempatan menjadi tamu kehormatan Kraton Surakarta seperti kemarin itu...

Lalu... gugled, tentu saja! Dan ya ya, setelah mencoba sekian saran di sana, ini yang 'mempan' mengembalikan file-file tersebut: Zero Assumption Recovery (ZAR X) yang infonya kuperoleh dari sini.

Setelah unduh perangkat lunaknya di sini, aku tinggal membuka aplikasinya. Masukkan SD card yang fotonya terhapus itu. Lalu pilih "Image Recovery" --> pilih "Disk and Partition" yang akan dikembalikan --> klik "Next". 

Tunggu deh sampai recovery selesai. Lalu pilih "Location" folder yang akan dijadikan tempat menyimpan di komputer. Selesai!

Soal berapa banyak atau berapa lama (tanggal pengambilan gambar) foto yang bisa dikembalikan, aku ga tahu. Tapi foto pekan lalu yang saya cari sudah pulih semua, salah satunya foto di atas.

Selamat mencoba!

Mlekom,
AZ
about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata