Tuesday, May 8, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 11:32:00 AM |

Undangan Geoheritage Trip

Hai Adriani,

Aisyah Hilal dan Sinta Carolina hendak mengundangmu ikut dalam sebuah trip bertema GeoHeritage, dengan rute Jogja-Berbah-Prambanan-Bayat-Ngawen-Nglipar-Nglanggran (Pathuk)-Jogja. Kami bekerja sama dengan Tim dari Jurusan Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta. Trip akan kami lakukan pada Minggu 13 Mei 2012, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Demi kemudahan koordinasi, titik pertemuan adalah di area Taman Budaya Yogyakarta Jln.Sriwedani No.1, pukul 07.30 WIB tepat.

Kamu adalah satu dari empat teman yang kami ajak untuk perjalanan ini. Mungkin kamu bertanya-tanya, kali ini dalam rangka apa ya kira-kira Ilal dan Sinta mengajak kamu dolan? Nah! Ilal dan Sinta sedang coba menggagas sebuah usaha penyelenggaraan wisata minat khusus yang khas Jogja, salah satu yang kami siapkan adalah GeoHeritage Trip ini. Untuk menyiapkan agar trip ini siap luncur kepada calon pelanggan, kami hendak mengumpulkan opini dari teman-teman peserta trip kali ini.

Harapan kami, kalian bisa memberi masukan dan komentar tentang pelaksanaan trip ini. Dalam email berikutnya, kami akan kirimkan poin-poin umum yang perlu dicermati untuk diberi masukan dalam trip ini.Demikian dulu dari kami. Kami akan senang sekali jika kamu bisa mengikuti trip yang kami tawarkan ini.

Salam hangat,
Aisyah Hilal & Sinta Carolina

Informasi teknis: 
  1. Kami akan menyediakan mobil untuk perjalanan ini.
  2. Kami akan menyediakan satu botol aqua besar untuk setiap peserta.
  3. Warung Makan Ayam Trancam akan menjadi tempat persinggahan makan siang. Untuk makan siang, para peserta diharap membayar sendiri.
  4. Demi kenyamanan mengikuti trip ini, peserta diharap mengenakan pakaian yang nyaman, sepatu lapangan/kets kasual, dan menyiapkan kebutuhan pribadi, seperti: topi, payung, ponco, tabir surya, dan lain sebagainya.
  5. Seperti telah disebutkan di atas, kita berkumpul di area Taman Budaya Yogyakarta Jln.Sriwedani No.1, tepat pukul 07.30 WIB. Dimohon untuk berkumpul tepat waktu, agar trip juga dapat diselesaikan tepat waktu.
  6. GeoHeritage Trip ini akan dipandu oleh Bpk. C.Prasetyadi, dari Jurusan Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sedikit pengantar dari Tim Jurusan Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta tentang GeoHeritage: 
Dua peristiwa alam belakangan ini, gempa 2006 dan erupsi Merapi 2010, merupakan bencana alam (bencana geologi) yang traumatis karena besarnya korban yang diakibatkannya. Kebanyakan masyarakat kaget dan tidak siap mental menghadapi kejadian alam ini. Hal ini karena kesadarannya yang masih rendah bahwa kita tinggal ditempat yang merupakan bagian dari wilayah rentan bencana geologi.

Erupsi gunungapi dan gempa tektonik merupakan bagian atau akibat dari proses alamiah geologi yang berlangsung sejak jutaan tahun lalu sampai sekarang bahkan sampai yang akan datang sebagai bagian dari dinamika Bumi. Proses ini berjalan terus tanpa henti dan meninggalkan rekaman-rekaman dalam batuan yang membentuk bentang alam (Pulau Jawa) dimana kita tinggal.

Di wilayah Jogja, di daerah-daerah Berbah, Prambanan, Bayat dan sekitarnya, terdapat bukti atau warisan geologi yang mengandung informasi tentang riwayat daerah Jogja dan sekitarnya sampai ke masa jutaan tahun yang lalu. Warisan geologi ini membentuk cerita yang utuh sejak zaman pra-gunungapi, zaman gunungapi purba dan zaman gunung api masa kini. Warisan geologi yg utuh seperti ini langka dijumpai. Dalam hal inipun Jogja juga bersatus istimewa. Keistimewaan inilah yang akan disosialisasikan sehingga tumbuh apresiasi terhadap masa lalu sehingga berkurang kegamangan dalam menatap masa depan terutama dalam kaitannya “hidup” bersama bencana, bencana gempa dan gunungapi, sehingga kita –sebagai masyarakat- lebih siap dan waspada untuk menghadapi semuanya.

Dalam satu sisi yang lain, warisan geologi yang istimewa tadi juga memiliki keterkaitan dengan tempat atau wilayah lain. Batuan tertua di tanah Jogja dan sekitarnya ternyata berbagi asal yang sama dengan anak-benua India, berasal dari Benua Purba Gondwana.

*
Email itu kudapat tadi. 
Ceritanya, bekerjasama dengan Jurusan Geologi UPN Veteran Yogyakarta, Mbak Ilal dan Mbak Sinta sedang merintis trayek perjalanan wisata minat khusus yang dinamakan Geoheritage Trip. Trip ini akan menjelajah bukti-bukti perjalanan bumi berupa peristiwa geologi yang terjadi jutaan tahun lalu, seperti menghilangnya laut dan terbentuknya daratan. Kita akan diajak melihat sejarah terbentuknya Pulau Jawa, lho!

Rute ini merupakan "laboratorium" bagi mahasiswa jurusan pendidikan ilmu-ilmu bumi, seperti geologi, geografi, perminyakan, dan seterusnya. Geologi UPN Yogyakarta salah satunya. 

Nggak ngeh? Aku juga, sama! :) 
Tapi jangan khawatir, informasi terkait geoheritage dalam trip ini bisa dipelajari di sini. Paket ini juga pernah diperkenalkan dalam sebuah pameran di Jogja, cek beritanya di sini.


Sebelumnya aku pernah mendengar tentang warisan geologi berupa Gunung Purba di Yogyakarta. Namun merasa tidak tertarik, sebab ini pasti akan penuh hal-hal yang tidak masuk akal pikiranku: alam, scientific, geologi...

Kali ini aku langsung mengiyakan ajakan Mbak Sinta, karena kupastikan perjalanan ini akan benar-benar bermuatan heritage, sebab itu "mainan" Mbak Sinta di kantornya: Center for Heritage Conservation (CHC) UGM.

"Siyaph!" jawabku.

Paket wisata ini akan menyasar para petualang, pecinta kegiatan alam, dan tentunya akademisi. Aku? Mungkin diundang sebagai orang yang suka blusukan ke situs-situs pusaka. Ada dua orang undangan lain yang belum kutahu siapa. Kabarnya, kami akan diminta menulis perjalanan kami sebagai rekomendasi bagi pihak penyelenggara untuk kemudian meluncurkan program wisata ini kepada publik.

Geoheritage. Mahluk apakah itu? 
Penasaran? Aku juga, sangat! Tunggu cerita dari sana, yah!

Mlekom,
AZ 


Sumber gambar dari sini.
about it
Categories:
  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata