Sunday, February 9, 2014

Posted by adriani zulivan Posted on 8:21:00 PM | No comments

Cara Hilangkan Ask.com sebagai Mesin Pencari Utama


Aku bukan penggemar Mozilla Firefox, namun sangat sering membuka ini untuk bantu memilah aktivitas di dunia maya. Belakangan berasa terganggu dengan mesin pencari (search engine) yang bukan Google. Lalu? Googling donk ah! Kata kuncinya berganti-ganti, dari "change ask.com to google on mozilla" hingga "cara hapus ask.com di mozilla".

Sejam baca sana-sini, coba saran ini-itu, akhirnya ketemu yang jitu di sini (terjemahan Indonesia-nya kacau, coba masukin ke Google Translate saja jika kamu lebih nyaman membaca dalam bahasa Inggris). Ini adalah website salah satu software pengusir virus, tapi gak cuma nyuruh kita untuk unduh produknya, mereka kasih tips jitu untuk persoalanku. Lakukan langkah ini:
  1. Cek di Control Panel (klik Start di kiri bawah layar > klik Control Panel) apakah ada program bertulisan "ask". Jika ada, langsung remove/uninstall program. Namun, saya tidak menemukannya. Ternyata, file instalasi Ask.com ini kerap 'bersembunyi' dengan nama lain.
  2. Buka browser Mozilla. Klik Help di bagian atas jendela > klik Troubleshooting Information. Akan muncul jendela baru, klik Reset Firefox. Setelah ini prosesnya cukup lama, browser Mozilla akan ditutup. Ini proses mengubah/mengganti/menghilangkan semua cache yang ada di browser. Sabar aja. Akan muncul informasi kalau proses pembersihan sudah selesai, klik Finish.
  3. Browser Mozilla akan muncul kembali, namun dengan halaman kosong (tanpa informasi sejenis most visited site). Sila cek, Mozilla kembali bersanding dengan Google!
Cobain deh!

Oh iya, Ask.com itu bukan virus yang merusak file, namun semacam aplikasi yang akan membuka berbagai iklan dan membawa aplikasi pihak ketiga ke perangkat kita. Efeknya? Makan space dan memperlamban kinerja komputer.

Segitu dulu. Aku memaksa diri untuk mendokumentasikan proses pencarian persoalan masalah perkomputeran seperti ini, agar besok-besok kalau butuh lagi gak repot.

Gambar dari sini, bukan logo Ask.com.


Mlekom,
AZ


about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata