Saturday, March 24, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 12:59:00 PM | No comments

Jadilah Relawan Pemantau Pusaka Indonesia!

Jadilah Relawan!

Alhamdulillah! Aplikasi Indonesian Heritage Inventory (IHI) sudah dapat digunakan. Sebagai awalan, saat ini kami membangun sistem pemantauan pusaka (heritage) di Indonesia melalui sistem pelaporan.

Sistem ini dapat digunakan oleh siapapun, dengan cara yang mudah. Siapapun anda, dengan latar belakang apapun, dapat menggunakan sistem ini. Yang diperlukan hanyalah teman yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap warisan pusaka di Tanah Air.
 
Berikut keterangan Elanto Wijoyono, teman yang bersamaku mencoba membangun IHI:

Saya bermaksud minta tolong untuk bersedia meluangkan waktu sebagai salah satu relawan Indonesian Heritage Inventory. Saya dan beberapa teman secara voluntary sedang mengembangkan sistem Pantau Pusaka Indonesia di alamat http://indonesianheritage.web.id/. Sistem ini perlu diujicoba dengan input data dari banyak lokasi dan waktu. Semakin banyak data masuk maka sistem ini akan semakin terlihat kelebihan dan kekurangannya.

Apakah Anda bersedia untuk menjadi relawan kontributor untuk wilayah Anda? Tidak perlu mendaftarkan diri. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mencoba melakukan input data. Caranya ada beberapa, antara lain:
  1. By sending a message to 0877 8857 5285 dengan format: ID [spasi] isi pesan
  2. By sending an email to admin@indonesianheritage.web.id
  3. By sending a tweet with the hashtag/s #pusaka or #indonesianheritage
  4. By filling form in this page http://indonesianheritage.web.id/reports/submit

    Apa yang bisa diinformasikan melalui sistem ini?

    Sistem ini fokus pada laporan situasi pusaka, baik situasi yang positif (seperti pusaka yang terpelihara) maupun situasi yang negatif (seperti pusaka yg rusak/terlantar). Anda bisa ikut meninjau ketepatan pemakaian ketagorisasi pada sistem ini. Selain itu, kita juga mohon masukan ttntang bagaimana memanfaatkan sistem ini agar bisa mendukung aksi pelestarian di lapangan.

    Demikian permohonan yang saya sampaikan. Jika ada hal yang mau ditanyakan atau didiskusikan, sila sampaikan saja.


    Salam,
    Elanto Wijoyono di Yogyakarta
    about it
    Categories:

    0 comments:

    Post a Comment

    • Atribution. Powered by Blogger.
    • ngeksis

    • mata-mata