Wednesday, March 28, 2012

Posted by adriani zulivan Posted on 8:40:00 PM |

Dua Hari untuk Selamatkan Bangunan Tentara Pelajar

Sumber: http://tinyurl.com/7jhcd7v

JAS MERAH!! Tahukah kalian kenapa salah satu jalan di Jogja dinamakan Jalan Tentara Pelajar? itu karena bangunan ini,, Tahukah kalian di mana Sekolah Rakyat pertama di Indonesia? di bangunan inilah semua itu bermula,, bangunan ini adalah salah satu living monument di Jogja yang mempunyai nilai sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia,, di antara kakek nenek atau bapak/ibu teman-teman yang dulu ikut tergabung dalam Tentara Pelajar ketika masa perjuangan, pasti memiliki memori tersendiri tentang bangunan ini,, tegakah kita membiarkan membuatnya tiada tak berbekas?? dan berakhir pada sebuah kotak diorama? ~SAVE OUR HERITAGE~ [Tieka Widya]

Tiba-tiba aku dimasukkan dalam sebuah grup Facebook bernama "Selamatkan bangunan cagar budaya eks. Tentara Pelajar di Yogyakarta". Sayang, tak jelas apa maksud gerakan ini. Tak ada info dari anggota grup yang sudah koar-koar di wall grup, termasuk co-pas caption foto di atas.

Setelah tanya sana-sini, kudapat info dari Mba Ayu yang memberi URL  ke berita Antara dan URL foto Tieka Widya di atas. Meski caption-nya tidak jelas (banyak juga yang bertanya sepertiku), beberapa komen di bawahnya sangat membantu. Berikut isinya:

Rahhmat Cart-Away Soehendi
sma ku ini sekarang menjadi sengketa, ada pihak pihak yang mengaku memiliki tanah ini........ kisah tentang sekolahku ini sudah dimuat di koran koran lokal Jogja hampir 3 minggu ini..... seminggu yang lalu tembok belakang sekolah ini di gempur, lalu meja dan kursi untuk belajar siswa dibuang.......

Tieka Widya
huum,, aq sedih tadi denger ceritanya, soalnya mereka pas ujian pas dijebpl tembok belakangnya itu

Ima Achyar
lhoh?? lha yang punya siapa? sengketa antara siapa dengan siapa?

Rahhmat Cart-Away Soehendi
yayasan dan pihak yang merasa memiliki lahan

Tieka Widya
ad ancaman kl pihak sekolah harus ngosongin dlm waktu 3 hari, nah 3 harinya itu jatuhnya besok atau lusa kita lum clear, bayangpun!

Rahhmat Cart-Away Soehendi
awal dulu bangunan ini awalnya menjadi asrama dan rumah sakit untuk para pejuang kemerdekaan,, susunan bangunan ini kokoh


Jadi, intinya:
  • Bangunan bersejarah ini dulunya merupakan asrama dan rumah sakit bagi pejuang kemerdekaan.
  • Bangunan ini terletak di Jalan  Tentara Pelajar Nomor 24 Bumijo Yogyakarta.
  • Bangunan ini telah ditetapkan sebagai BCB (benda cagar budaya) berdasar ketetapan Gubernur DIY No210/KEP/2010.
  • Saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai Sekolah SMU 17 dibawah pengelolaan Yayasan Tujuhbelas.
  • Kini, bangunan ini dalam sengketa kepemilikan. Sekolahan diusir, kompleks ditutup, bangunan mulai dihancurkan. Belum jelas apakah akan diganti dengan bangunan baru atau bagaimana.
  • Yang pasti, himbauan bagi pihak sekolah untuk angkat kaki dalam tiga hari akan berakhir lusa. Apa yang dapat kita lakukan?

Begitu yang saya mengerti. Lengkapnya sila ikuti mbak/mas dari Madya Indonesia.

Seluruh informasi dan gambar dalam tulisan ini bersumber dari grup Facebook "Selamatkan bangunan cagar budaya eks. Tentara Pelajar di Yogyakarta" dan "Indonesian Heritage Inventory".

Sumber: http://tinyurl.com/d7ctlg8

Mlekom,
AZ


about it
Categories: ,
  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata