Wednesday, May 29, 2013

Posted by adriani zulivan Posted on 3:01:00 PM | No comments

Kasus Penghancuran Sinagoge Surabaya


Surat Sjarikat Poesaka Soerabaia 
untuk Kasus Penghancuran Sinagoge Surabaya





Surabaya, 27 Mei 2013

Nomor:  27/V/SPS/2013
Hal :  Permohonan langkah-langkah Pengusutan/Penyidikan Penghancuran Bangunan Sinagoge Jalan Kayun 4-6 Surabaya

Kepada yth.,
Ketua Komisi C
Ketua KOmisi D
DPR-D Surabaya

Dengan hormat,

Medio Mei 2013, menjelang HUT Kota Surabaya ke 720, salah satu anggota Sjarikat Poesaka Soerabaia -SPS, menemukan bahwa Bangunan Sinagoge di Jalan Kayun 4-6 Surabaya telah rata dengan tanah. Sepanjang data yang diketahui SPS, Bangunan Sinagoge telah masuk dalam daftar bangunan yang “Diduga Bangunan Cagar Budaya” sesuai SK Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya No. 646/1654/436.6.14/2009 tertanggal 16 April 2009.

Sabtu 25 Mei 2013 bersama dengan Media, telah dilakukan kunjungan ke Lokasi Jalan Kayun 4-6 Surabaya. Bangunan Sinagoge memang telah rata dengan tanah.
Sjarikat Poesaka Soerabaia - Surabaya Heritage sangat terpukul dengan kejadian hancurnya bangunan yang konon hanya ada 2 di Indonesia.

Bersama ini Sjarikat Poesaka Soerabaia – Surabaya Heritage Society mengharap DPR-D untuk segera melakukan perintah pengusutan dan penyidikan atas kasus ini. Pemanggilan dan minta penjelasan ke Pemerintah Kota Surabaya yang kami anggap lalai dalam tugasnya sebagai pemelihara, pengawas dan sekaligus berfungsi sebagai Pelestari Bangunan Cagar Budaya di Surabaya.
Sjarikat Poesaka Soerabaia tidak bersurat ke Pemerintah Kota Surabaya, karena telah beberapa kali Surat dari Organisasi LSM ini ke Walikota “tidak pernah digubris”. Namun Surat ini dilayangkan ke beberapa media, MADYA INDONESIA Masyarakat Advokasi Warisan Budaya dan BPPI Pusat Badan Pelestari Pusaka Indonesia di Jakarta.

Demikian Surat Kami, Terimakasih atas perhatiannya.       
                     
Salam Lestari,

Freddy H Istanto
Direktur


Tembusan:
  1. BPPI Badan Pelestarian Pusaka Indonesia Jakarta
  2. MADYA INDONESIA Masyarakat Advokasi Warisan Budaya
  3. Media Massa
  4. Komunitas Penggiat/Pelestari Bangunan Cagar Budaya di Surabaya
*
Surat dari milis Badan Pelestarian Pusaka Indonesia. Gambar dari Nuradhi Tanudirdjo di grup Sjarikat Poesaka SoerabaiaInfo awal kudapat dari @tangarazInfo lain tentang Sinagoge Surabaya, sila cek di tautan berikut:
Mlekom,

AZ

about it
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata