Wednesday, June 25, 2014

Posted by adrianizulivan Posted on 8:59:00 PM | No comments

Chee Cheong Fun


Chinta Manis. Dengan susah payah nyari nama foodstall di Changi ini. Ceritanya, pengen tau nama makanan mirip kwetiau yang kucicip di sana.

Nama ini kemudian memudahkan pencarian di mesin Google. Keluarlah nama Chee Cheong Fun yang populer dengan nama rice noodle roll/steamed rice roll. Rice noodle itu kan bihun/mihun ya, kalo kata orang kita. Tapi di sini mengacu pada kukusan tepung beras yang mirip kwetiau. 

Ya betul, kwetiau/meetiau (white Chinese noodle) itu. Ternyata resep dan cara bikinnya memang sama dengan kwetiau. Sebab belum populer di Indonesia, belum ada terjemahannya. Namun sebagaimana kita menyebut spaghetti atau kwetiau, biarlah kita tetap menyebutnya begitu.

Chee Cheong Fun berarti usus kecil babi, sebab--katanya--bentuknya menyerupai lembaran usus. Makanan ini berasal dari Kanton, Cina Selatan. Jangan khawatir, tidak harus mengandung babi. Makanan berupa dim sum (makanan kecil) yang digulung ini juga bisa diisi udang, ayam dan sayuran. Yang kumakan di Changi adalah versi plain tanpa isi yang disiram kecap manis-asin dan ditabur wijen, dilengkapi sambal.

Ketemu banyak resep. Kupikir, saosnya akan lebih enak jika diganti dengan cuko pempek. Jadilah aku masak cuko pempek dulu (lihat resepnya di sini), sembari menyiapkan bahan utama.

Adonan:
1 cangkir tepung beras
1/2 cangkir tepung tapioka
1/2 cangkir air
Garam secukupnya

Alat:
2 loyang
Panci pengukus/dandang
Kuas kue

Cara:
  1. Campur tepung beras dan tapioka + garam, aduk sambil tambah air sedikit demi sedikit.
  2. Siapkan dandang, letakkan di api sedang.
  3. Siapkan loyang. Oles dengan minyak goreng. Tuangkan adonan ke dalam loyang, jangan tebal. Jika suka, tambahkan irisan daun bawang.
  4. Setelah air kukusan mendidih, masukkan loyang. Tumpuk loyang kedua di atas loyang pertama. Tunggu matang, angkat, keluarkan dari loyang sambil olesi kedua sisi dengan minyak goreng.
  5. Ulangi hingga adonan habis.
  6. Letakkan seluruh adonan yang telah matang secara berlapis. Potong di atas telenan lebar, dengan ukuran sesuai selera. Pisahkan tiap potongan hingga membentuk seperti lembaran kwetiau (nah, sampai disini, anda telah berhasil bikin kwetiau. Yay!).
  7. Gulung tiap lembar, susun di piring. Letakkan saos, bisa disiram atau dicocol.
  8. Jika punya wijen, bisa ditambahkan.
  9. Jika ingin saos seperti resep aslinya (soy sauce), sila campurkan 1/4 cangkir air hangat + 4 sdm gula 1/4 cangkir kecap manis + 1/4 cangkir kecap asin +  4 tetes minyak wijen (sesame oil) + parutan 1 ruas jahe.

Rasanya enak. Humm... lebih enak daripada yang di Changi, sebab saosnya kan Indonesia banget :)

Mlekom,
AZ

20140711
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata